Penerapan Metode Ekspresi dalam Meningkatkan Kreativitas Menggambar Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Patemon Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

DARI, WIN (2020) Penerapan Metode Ekspresi dalam Meningkatkan Kreativitas Menggambar Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Patemon Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WINDARI_T20165067.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Usia taman kanak-kanak, barangkali yang paling penting adalah mengekpresikan seni membuat lambang. Hal ini karena anak usia TK masih berada dalam tahap berpikir praoperasional. Oleh karena itu, mengekspresikan seni (dengan membuat lambang) adalah alat ampuh dalam mengembangkan pikiran, bahasa lisan dan tulisan, dan cara-cara anak-anak mengetahui dan memahami diri dan dunia mereka. Fokus penelitian adalah: (1) Bagaimana penerapan metode ekspresi bebas dalam meningkatkan kreativitas menggambar anak usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Patemon Tanggul Tahun Pelajaran 2019/2020? dan (2) Bagaimana penerapan metode ekspresi tematik dalam meningkatkan kreativitas menggambar anak usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Patemon Tanggul Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan metode ekspresi bebas dalam meningkatkan kreativitas menggambar anak usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Patemon Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 dan (2) Mendeskripsikan penerapan metode ekspresi tematik dalam meningkatkan kreativitas menggambar anak usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Patemon Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan analisis model Miles dan Hubberman yaitu kondensasi data, penyajian dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian dapat disimpukan (1) Penerapan metode ekspresi dilaksanakan dengan (a) Guru menyiapkan media dan alat untuk menggambar, (b) Guru menstimulasi siswa yang kesulitan mengekspresikan imajinasinya, (c) Siswa menggambar dengan imajinasinya sendiri, (d) Mewarnai gambar dan (e) Guru mengevaluasi, (2) Penerapan metode ekspresi tematik dalam meningkatkan kreativitas menggambar anak usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Patemon Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 dilaksanakan dengan (a) Guru menyiapkan mendia dan alat untuk menggambar, (b) Guru menjelaskan tema yang akan digunakan, (c) Guru memberikan gambaran tentang subtema yang dipilih, (d) Siswa menggambar sesuai tema, (e) Berdiskusi dengan hasil gambar siswa dan (f) Guru mengevaluasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:17
Last Modified: 13 Sep 2022 01:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13077

Actions (login required)

View Item View Item