Pengembangan Kemampuan Pramatematika Anak Usia 3-4 Tahun Dengan Menggunakan Metode Montessori Di PAUD Darul Ulum Sumber Baru Jember

MALA, MAYA (2020) Pengembangan Kemampuan Pramatematika Anak Usia 3-4 Tahun Dengan Menggunakan Metode Montessori Di PAUD Darul Ulum Sumber Baru Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MAYA MALA_T20165061.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Menurut Maria Montessori anak yang secara natural langsung tertarik serta mudah mencerna dan menangkap konsep matematika dasar. Namun ada juga anak yang belum tertarik. Metode montessori disini adalah untuk mempermudah pendidik dalam menyiapkan dan menjelaskan konsep matematika pada anak di sekolah. Banyak anak yang sedikit minat belajarnya pada pembelajaran matematika di usia dini, hal ini dikarenakan anak-anak hanya diajarkan menghitung dengan jari. Pendidik masih belum memahami media apa saja yang bisa digunakan dalam pembelajaran pramatematika di usia dini. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan pembelajaran matematika dengan konsep metode montessori yang dapat di ajarkan dan dipraktekkan secara langsung oleh anak didik di sekolah. Fokus penelitian: (1) Bagaimanakah perencanaan pembelajaran mengembangkan kemampuan pramatematika untuk anak usia 3-4 tahun dengan menggunakan metode montessori di PAUD Darul Ulum Sumber Baru? (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran mengembangkan kemampuan pramatematika untuk anak usia 3-4 tahun dengan menggunakan metode montessori di PAUD Darul Ulum Sumber Baru? (3) Bagaimanakah evaluasi pembelajaran mengembangkan kemampuan pramatematika untuk anak usia 3-4 tahun dengan menggunakan metode montessori di PAUD Darul Ulum Sumber Baru? Maka tujuan penelitian adalah: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran mengembangkan kemampuan pramatematika untuk anak usia 3-4 tahun dengan menggunakan metode montessori di PAUD Darul Ulum Sumber Baru. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mengembangkan kemampuan pramatematika untuk anak usia 3-4 tahun dengan menggunakan metode montessori di PAUD Darul Ulum Sumber Baru. (3) Mendeskripsikan pengevaluasian pembelajaran mengembangkan kemampuan pramatematika untuk anak usia 3-4 tahun dengan menggunakan metode montessori di PAUD Darul Ulum Sumber Baru. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Analisis data menggunakan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengumpulan data dengan tiga tahapan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, pembelajaran pramatematika di PAUD Darul Ulum Sumberbaru Jember berupa perencanaan pembelajaran berdasarkan RPPM dan RPPH kurikulum 2013 tematik. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode montessori kegiatan proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Evaluasi pembelajaran terdiri dari dua penilaian yaitu penilaian pada proses pembelajaran yang berupa ceklis perkembangan harian, catatan anekdot, dan hasil karya, dan penilaian pada hasil perkembangan dalam proses pembelajaran pramatematika berupa hasil perkembangan kognitif bahwa ada kecenderungan peningkatan berkembang sangat baik di indikator geometri, ruang, dan perbandingan benda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:17
Last Modified: 13 Sep 2022 01:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13078

Actions (login required)

View Item View Item