Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso

ARIFIN, M SAMSUL (2020) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M SAMSUL ARIFIN_T20163049.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasahseorang yang di percayai bawahannya untuk memimpin pada suatu lembaga dalam proses kegiatan pembelajaran dan terjadi interaksi antara guru dan siswa sehingga menjalankan tugas dan tanggungjawab secara efektif dan efisien. Kurikulum 2013 merupakan menekankan pada pengembangan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik secara holistik. Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso merupakan suatu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pembelajaran dalam kurikulum 2013 yang berciri khas islam melalui program keagamaan seperti membaca alquran sebelum memulai pelajaran, bilingual, shalat dhuha dan dhuhur berjamaah, ada kelas tahfid, dan juga mata pelajaran keagamaan dalam pengembangan kurikulum dipecah kepada peserta didik berupa pelajaran qurdist, hadist, ushul fiqih, fiqih, akhlak, kitab taklim mutaklim, sullam taufiq dan imu kalam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana tugas manajerial kepala madrasah dalam mengembangkan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso 2). Bagaimana tugas pembelajaran dan pembimbingan kepala madrasah dalam mengembangkan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Metode menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif fenomenologi dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles and Huberman yaitu data colection, reduction, data display, dan conlusion drawing/verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan waktu. Adapun hasil penelitian ini antara lain : 1) Tugas manajerial kepala madraasah dalam mengembangkan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso yaitu mengatur dan mengelola madrasah bersifat kepemimpinan sistem yaitu menggunakan teknologi, mengikuti regulasi dari kementerian agama Bondowoso, tanggung jawab, berdasarkan visi dan misi, mengatur dan mengembangkan program keagamaan dengan cara dijadwalkan, dan pengelolaan pengembangan kurikulum mata pelajaran dipecah mengenai pendidikan agama islam. 2) Tugas pembelajaran dan pembimbingan kepala madrasah dalam mengembangkan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso yaitu kepala madrasah melakukan pelatihan minimal satu tahun sekali, merencanakan pembelajaran dan pembimbingan dengan melakukan pertemuan rutin setiap minggunya untuk membuat program kerja sekaligus mengevaluasi program kerja sebelumnya, merencanakan pembelajaran melalui handphone, serta menyediakan sarana dan prasarana berupa media dan multimedia dalam mengatur media dan sumber belajar, kegiatan mengevalusi kinerja guru kepala madrasah mengatur serta membentuk tim penilaian kinerja guru (PKG) yang dilakulan satu bulan sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Sep 2022 10:12
Last Modified: 12 Sep 2022 10:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13080

Actions (login required)

View Item View Item