MANAJEMEN PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP SANTRI (Studi Multikasus di Pondok Pesantren Mabadi'ul Ihsan Tegalsari Banyuwangi dan Pondok Pesantren Al-Mashduqiah Kraksaan Probolinggo)

ABDUL, GOFFAR (2022) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP SANTRI (Studi Multikasus di Pondok Pesantren Mabadi'ul Ihsan Tegalsari Banyuwangi dan Pondok Pesantren Al-Mashduqiah Kraksaan Probolinggo). Doctoral thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
DISERTASI UNTUK DI UPLOAD PERPUS.pdf

Download (7MB)
Official URL: https://uinkhas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK
Goffar, Abdul, 2022. Manajemen pengembangan kecakapan hidup Santri (Studi Multikasus di Pondok Pesantren Mabadi’ul Ihsan Tegalsari Banyuwangi dan Pondok pesantren Al-Mashduqiah Kraksaan Probolinggo), Disertasi Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember. Promotor : Prof. Dr. H. Abd. Muis, M.M dan Co-Promotor : Dr. H. Aminullah, M.Ag.
Kata Kunci : Manajemen, Pengembangan Kecakapan hidup santri
Pondok Pesantren dalam menghadapi tantangan global serta untuk memenuhi tuntutan masyarakat harus membekali para santri dengan pendidikan yang berorientasi masa depan yaitu pengembangan kecakapan hidup. Dalam menerapkan pengembangan kecakapan hidup diperlukan manajemen yang baik sehingga sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Penelitian Disertasi yang dilakukan di Pondok Pesantren Mabadi’ul Ihsan Tegalsari Banyuwangi dan Pondok Pesantren Al-Mashduqiah Kraksaan Probolinggo berfokus ; pertama, Bagaimana Konsep perencanaan pengembangan kecakapan hidup santri?; Kedua, Bagaimana Pola pelaksanaan pengembangan kecakapan hidup santri?; Ketiga, Bagaimana Model evaluasi pengembangan kecakapan hidup santri ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Studi Multikasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu Kondensasi Data, Pengumpulan data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan Data menggunakan teori Lincoln dan Guba yaitu dengan cara ; Kredibilitas, trasferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.
Temuan penelitian disertasi ini adalah manajemen Pengembangan kecakapan hidup pesantren, meliputi ; Pertama, Konsep Perencanaan dimulai dengan pembuatan program kegiatan yang dikemas dalam rapat kerja, Tahap perencanaan yang dilakukan meliputi : analisis lingkungan, penentuan strategi unggulan, perumusan tujuan, perencanaan kurikulum, perencanaan pendidik, perencanaan sarana pra sarana, dan perencanaan pembiayaan. Dalam proses perencanaan tidak serta merta mengandalkan usaha manusia semata, tetapi diperkuat dengan Spririt/transendental berupa gerbat (gerakan batin) melalui Istikharah dalam penetapan program. Kedua, pola pelaksanaan dikembangkan melalui berbagai macam kegiatan yang ada di Pondok Pesantren yang terdiri dari pengembangan kecakapan Personal, Kecakapan sosial, kecakapan Akademik, kecakapan kejuruan dan kecakapan spiritual. Ketiga, Model evaluasi yang digunakan dengan pengawasan langsung dan tidak langsung. Pengawasan langsung untuk mengontrol kegiatan harian santri dalam pengembangan kecakapn hidup. Pengawasan tidak langsung dikemas dalam bentuk rapat mingguan, bulanan, akhir tahun dan insidentil untuk mengevaluasi tata kelola pengembangan kecakapan hidup santri.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ABDUL GOFFAR ABDUL
Date Deposited: 28 Sep 2022 04:04
Last Modified: 29 Sep 2022 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13081

Actions (login required)

View Item View Item