Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbentuk Komik Kelas VIII SMP Pada Materi Sistem Ekskresi.

Nuraeni, Mutiara Iga (2020) Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbentuk Komik Kelas VIII SMP Pada Materi Sistem Ekskresi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mutiara Iga Nuraeni_T201610003.pdf - Submitted Version

Download (48MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan bahan ajar IPA berbentuk komik pada materi Sistem Ekskresi ini didasarkan pada masih kurangnya minat baca peserta didik kelas VIII SMPN 1 Kedungjajang mengenai Sistem Ekskresi serta terbatasnya sumber belajar yang dapat mempermudah pemahaman peserta didik. Kebanyakan bahan ajar yang digunakan di sekolah menggunakan buku cetak dan lembar kerja siswa. Melihat bahan ajar yang ada peneliti ingin merancang bahan ajar yang dapat menarik minat baca peserta didik, yaitu bahan ajar berbentuk komik. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana validitas bahan ajar IPA berbentuk komik kelas VIII SMP pada materi Sistem Ekskresi. 2) Bagaimana respon peserta didik terhadap pengembangan bahan ajar IPA berbentuk komik kelas VIII SMP pada materi Sistem Ekskresi. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui validitas bahan ajar IPA berbentuk komik kelas VIII SMP pada materi Sistem Ekskresi. 2) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar IPA berbentuk komik kelas VIII SMP pada materi Sistem Ekskresi Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengembangan bahan ajar IPA berbentuk komik ini mengadaptasi pada model pengembangan 4-D meliputi define, design, develop dan disseminate. Namun pada penelitian hanya dibatasi pada tahap develop. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media, guru IPA dan peserta didik. Instrumen yang digunakan peneliti adalah angket. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil pengembangan dapat dikatakan layak apabila sudah memenuhi kriteria yang dihasilkan dalam penelitian. Berdasarkan hasil pengamatan, hasil uji coba kevalidan Bahan ajar IPA berbentuk komik ini berada pada kategori sangat layak setelah melalui proses validasi dari para ahli dengan validasi ahli materi sebesar 92%, ahli media sebesar 90%, dan guru IPA sebesar 93%. Sedangkan penilaian untuk respon dari peserta didik sebesar 87,40%. Hal ini menandakan bahan ajar IPA berbentuk komik yang dikembangkan memberikan respon positif terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Sep 2022 10:12
Last Modified: 12 Sep 2022 10:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13082

Actions (login required)

View Item View Item