Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Konteks Etnomatematika Aktivitas Penanaman Buah Naga Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII di SMP Ainul Yaqin Tahun Ajaran 2019/2020

Lailatul Fitriyani, Elok Kurnia (2020) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Konteks Etnomatematika Aktivitas Penanaman Buah Naga Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII di SMP Ainul Yaqin Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elok Kurnia Lailatul Fitriyani_T20167026.pdf - Submitted Version

Download (15MB)

Abstract

Pembelajaran adalah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Pengertian LKS yaitu bahan ajar yang diterapkan guru dalam mentransfer informasi dengan bentuk yang lebih praktis, menarik dan utamanya dapat mempermudah siswa dalam menerima informasi. LKS ini dikembangkan dengan konteks etnomatematika aktivitas penanaman buah naga berbasis problem based learning. Pengembangan LKS dengan mengaitkan permasalahan sehari-hari ini dirasa sangat perlu untuk melatih berpikir rasional kepada siswa. Realita yang sering terjadi dilapangan yaitu kurangnya motivasi belajar siswa terhadap proses pembelajaran, kurangnya pemahaman siswa siswa dalam memahami soal cerita, kurang taunya keterkaitan matematika dengan permasalahan sehari-hari. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1) Bagaimana proses pengembangan lembar kerja siswa dengan konteks etnomatematika aktivitas penanaman buah naga berbasis problem based learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII di SMP Ainul Yaqin tahun ajaran 2019/2020 menurut Borg and Gall?, 2) Bagaimana kevalidan produk pengembangan lembar kerja siswa dengan konteks etnomatematika aktivitas penanaman buah naga berbasis problem based learning materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII di SMP Ainul Yaqin tahun ajaran 2019/2020?, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan pegembangan LKS dengan menggunakan model Borg and Gall, 2) Mengetahui kevalidan LKS matematika yang diperoleh dari uji ahli. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R & D. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan tahapan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 5 fase. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) Tahapan Borg and Gall yang digunakan yaitu Penelitian dan pengumpulan informasi awal, Perencanaan, Pengembangan produk, Tahap uji coba produk (validitas produk), Revisi produk. Tahapan ini disesuaikan dengan masa pandemi. (2) Untuk mengetahui kelayakan pada penelitian ini hanya dengan menggunakan uji validitas ahli, tanpa efektivitas dan kepraktisan karena mempertimbangkan masa pandemi. Ahli yang digunakan adalah ahli desain matematika, ahli konten matematika dan ahli pendidikan matematika. Sedangkan hasil yang diperoleh dari uji validitas diperoleh hasil yang valid dengan nilai 83,35% dari ahli desain LKS, 85,71% dari ahli konten matematika dan 81,11% dari ahli pendidikan matematika. Berdasarkan hasil validasi dari ketiga ahli tersebut maka didapatkan rata-rata 83,06% dan produk dikatakan valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Sep 2022 10:11
Last Modified: 12 Sep 2022 10:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13083

Actions (login required)

View Item View Item