Kebijakan pelaksanaan restrukturisasi kredit sebagai strategi pengelolaan kredit bermasalah akibat pandemi Covid-19 pada Bank Rakyat Indonesia Unit Bantaran Probolinggo

Hasanah, Noviatul (2022) Kebijakan pelaksanaan restrukturisasi kredit sebagai strategi pengelolaan kredit bermasalah akibat pandemi Covid-19 pada Bank Rakyat Indonesia Unit Bantaran Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NOVIATUL HASANAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Noviatul Hasanah, 2022: Kebijakan Pelaksanaan Restrukturisasi Kredit SebagaiStrategi Pengelolaan Kredit Masalah Akibat Pandemi Covid-19 PadaBank BRI Unit Bantaran Probolinggo.

Pemberian kredit menjadi peluang untuk terciptanya lapangan kerja,karena kredit telah memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengembangkan suatu usaha. Dengan demikian, tingkat pengangguran diharapkan akan berkurang. Melalui penyaluran dana kepada masyarakat, tujuan
utama negara yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat mulai dapat tercapai dengan hadirnya banyak lapangan kerja baru tersebut.

Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini: 1. Bagaimana kebijakanpelaksanaan restrukturisasi kredit sebagai strategi pengelolaan kredit bermasalah akibat pandemi covid-19 pada Bank BRI Unit Bantaran Probolinggo? 2. Apa kendala yang dihadapi dalam menjalankan kebijakan pelaksanaan restrukturisasi kredit sebagai strategi pengelolaan kredit bermasalah akibat pandemi covid-19 pada Bank BRI Unit Bantaran Probolinggo?

Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Untuk Mengetahui kebijakan pelaksanaan restrukturisasi kredit sebagai strategi pengelolaan kredit bermasalah akibat pandemi covid-19 pada Bank BRI Unit Bantaran Probolinggo. 2. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam menjalankan kebijakan pelaksanaan restrukturisasi kredit sebagai strategi pengelolaan kredit bermasalah akibat pandemi covid-19 pada Bank BRI Unit Bantaran Probolinggo.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, yang menganalisis resrukturisasi kredit bermasalah di Bank BRI Unit Bantaran Probolinggo, serta kendala apa yang dihadapi selama menjalankan resrukturisasi kredit bermasalah di Bank BRI Unit Bantaran Probolinggo. Adapun
teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Dapat disimpulkan bahwa: 1. Kebijakan restrukturisasi kredit yang
dilakukan bank terhadap nasabah yaitu analisa yang pertama harus ada adalah usahanya, baru bisa dianalisa lagi keuangannya kemudian bisa dilakukan restrukturisasi. Untuk jangka waktu pembayaran dilakukan dengan perpanjangan angsuran, bisa jangka waktu 6 bulan, 9 bulan, atau sampai dengan 1 tahun sesuai kesepakatan dengan nasabahnya. 2. Ketidakmauan nasabah untuk membayar meskipun sebenarnya ada kemampuan dan usaha masih ada, hanya saja pendapatan yang diperoleh setengah dari penghasilan sebelumnya semenjak terdampak pandemi covid-19.

Kata Kunci: Restrukturisasi; Kredit Bermasalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Noviatul Hasanah
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:30
Last Modified: 13 Sep 2022 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13087

Actions (login required)

View Item View Item