Studi Netnografi Pada Trend Thrifting Produk Fashion Di Instagram

Hidayatululfa, Ari (2022) Studi Netnografi Pada Trend Thrifting Produk Fashion Di Instagram. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ARIHIDAYATUL ULFA_ E20182106.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ari Hidayatul Ulfa, Nur Alifah Fajariyah, S.E., M.S.A, 2022: Studi Netnografi Pada Trend Thrifting Produk Fashion Di Instagram.
Trend Thrifting merupakan suatu kegiatan jual beli pakaian bekas dalam bahasa modern. Trend thrifting yang dilakukan pada media sosial tidak memungkinkan akan sedikit peminatnya karena karakteristik media sosial besifat maya sering meghasilkan fenomena yang booming dikalangan penggunanya secara luas.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu 1.) Bagaimana thrifting menjadi salah satu trend produk fashion di Instagram? 2.) Bagaimana trend thrifting dapat menggeser pola konsumsi masyarakat dari belanja baju baru kepada baju bekas?
Tujuan penelitian ini adalah 1.) Untuk mengetahui thrifting menjadi salah satu trend produk fashion di Instagram.2.) Untuk mengetahui pergeseran pola konsumsi masyarakat terhadap baju bekas pada saat ini.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dan jenis penelitian kualitatif, menggunakan studi netnografi. Informan dalam penelitian ini adalah pengguna instagram yang melakukan kegiatan thrifting.teknik pengumpulan data menggunakan metode lurking (mengoleksi, mengamati). Sedangkan analisis data dilakukan seacra induktif dan untuk menguji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1.) Trend thrifting menjadi popular dimedia instagram disebabkan oleh tingkat gaya hidup masyarakat saat ini untuk terlihat menarik dengan menggunakan pakaian yang masih layak pakai, harga murah dan dengan brand ternama. 2.) Ada beberapa faktor masyarakat yang dapat menggeser pola konsumsi dari baju baru menuju baju bekas, yaitu faktor budaya, kelas sosial dan lingkungan hidup.
Kata Kunci : Trend Thrifting, Netnografi, Media Sosial, Instagram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ari Hidayatul Ulfa
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:52
Last Modified: 13 Sep 2022 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13092

Actions (login required)

View Item View Item