Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM pada Materi Sistem Pernapasan terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

HIDAYAH, EVA NUR (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM pada Materi Sistem Pernapasan terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EVA NUR HIDAYAH_T20168020.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Sistem pernapasan merupakan materi pelajaran biologi yang bersifat abstrak dan cukup sulit dipahami karena terdapat hal-hal yang menyangkut konsep, dan proses, yang terjadi di dalam tubuh. Siswa tidak dapat melihat hal- hal tersebut secara langsung. Kondisi tersebut mengakibatkan siswa mengalami penurunan minat belajar karena kurang paham, sehingga berdampak pada keaktifan dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan adanya inovasi dalam pembelajaran materi tersebut untuk menambah pemahaman siswa dan terciptanya suasana yang menarik serta menyenangkan dalam proses pembelajaran salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang lebih bervariasi, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran project based learning terintegrasi STEM . Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan keaktifan belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran project based learning terintegrasi STEM; 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran project based learning terintegrasi STEM; 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learning terintegrasi STEM pada materi sistem pernapasan terhadap keaktifan belajar siswa; 4) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learning terintegrasi STEM pada materi sistem pernapasan terhadap hasil belajar siswa Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasi experimental design dengan bentuk penelitian Nonequivalent Group Posttest Only Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, terpilih kelas BIC 1 sebagai kelas ekperimen dan BIC 2 sebagai kelas control.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney-U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Skor rata-rata angket kekatifan belajar siswa kelas ekperimen lebih tinggi dari skor rata-rata kelas kontrol; 2) Nilai rata-rata posttest kelas ekperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol; 3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learning terintegrasi STEM terhadap keaktifan belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,003; 4) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learning terintegrasi STEM terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:48
Last Modified: 13 Sep 2022 02:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13099

Actions (login required)

View Item View Item