Manajemen Laboratoeium Terpadu dalam meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Prodi IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember 2019/2020.

JANNAH, MUFLIHATUL (2020) Manajemen Laboratoeium Terpadu dalam meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Prodi IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUFLIHATUL JANNAH_T20153085.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Laboratorium IPA sebagai salah satu sumber pembelajaran biologi sangat diperlukan untuk memberikan pengalaman nyata pada peserta didik sebagai salah satu faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya penyediaan laboratorium yang baik agar pelaksanaan pembelajaran yang memerlukan laboratorium IPA dapat berjalan maksimal dan kompetensinya tercapai.Fokus penelitian ini yaitu: a) Bagaimana perencanaan Laboratorium Terpadu dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa prodi IPA Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan IAIN Jember ? b) Bagaimana pengorgnisasian laboratorium Terpadu dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa prodi IPA Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan IAIN Jember ? c) Bagaimana pelaksanaan laboratorium Terpadu dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa prodi IPA Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan IAIN Jember ? d) Bagaimana pengawasan laboratorium Terpadu dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa prodi IPA Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan IAIN Jember ? Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen Laboratorium Terpadu dalam meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Prodi IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguran IAIN Jember.Penelitian ini dilaksanakan di Kampus IAIN Jember tepatnya di Laboratorium Terpadu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Informan penelitian ini adalah kepala Laboratorium Terpadu, para staff Laboratorium Terpadu dan Mahasiswa prodi IPA yang melaksanakan kegiatan atau praktek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data skunder. Sumber data primer adalah ketua laboratorium IPA dan staff pendamping praktek, Sedangkan sumber data skundernya adalah berupa data dokumentasi dan catatan-catatan terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model dari Miles dan Huberman dengan tahapan/langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan secara umum skripsi ini yaitu: Langkah-langkah dalam Manajemen Laboratorium Terpadu dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1) Perencanaan manajemen Laboratorium Terpadu dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa prodi IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember 2019-2020. Mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk kegiatan praktikum atau demonstransi dari dosen mata pelajaran IPA, termasuk juga alat dan bahan yang digunakan untuk kegiatan praktikum di Laboratorium Terpadu dalam meningkatkan keterampilan Mahasiswa Prodi IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. 2) Pengorganisasian manajemen Laboratorium Terpadu dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa prodi IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember 2019-2020. Pengorganisasian ruangan laboratorium terpadu ialah antara pengelolahan laboratorium dan penanggung jawab teknis. Jika digunakan oleh lembaga lain maka harus ada persyaratansecara tertulis antara lembaga dengan yang meminjami dengan yang dipinjam sehingga adanya rasa tanggung jawab bersama. Tata tertib dan jadwal agar dipasang diruangan laboratorium dengan huruf yang besar, jelas dan dapat dibaca. 3) Pelaksanaan manajemen Laboratorium Terpadu dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa prodi IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember 2019-2020. Pelaksanaan merupakan salah satu fungsi pengelolohan, selain perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan. Pelaksanaan adalah tindakan yang harus dilakukan agar semua sumber daya bergerak melaksanakan fungsinya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan. Pelaksanakan diartikan sebagai mengusahakan agar pekerja mau bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan tersebut. Pelaksanaa program kerja akan berjalan efektif dan efisien jika Kepala Laboratorium/laboran selalu memberi motivasi kepada dosen pembimbing untuk selalu menggunakan praktikum dalam pembelajaran IPA yang sesuai dengan materi yang ada. 4) Pengawasan manajemen Laboratorium Terpadu dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa prodi IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember 2019-2020. Kegiatan pengawasan laboratorium IPA di Laboratorium Terpadu FTIK IAIN Jember segala kegiatan mencakup pengadaan alat/bahan dimana dilakukan setiap satu tahun sekali melalui pertemuan antara dosen pendamping praktek dengan ketua laboratorium IPA untuk mengevaluasi kondisi alat dan bahan yang ada di laboratorium IPA, yang mencakup kelayakan alat dan ketersediaan bahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:03
Last Modified: 13 Sep 2022 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13102

Actions (login required)

View Item View Item