Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Model PISA Kelas X EKA Matematika A di MAN 1 Jember.

Asror, Moch. Khozinul (2020) Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Model PISA Kelas X EKA Matematika A di MAN 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moch. Khozinul Asror_T20167025.pdf - Submitted Version

Download (14MB)

Abstract

Perkembangan dimasa depan menuntut terciptanya pendidikan yang berkualitas, yaitu pendidikan yang mengajarkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hal itu dapat dicapai melalui pelajaran matematika. Matematika mengajarkan kemampuan dalam hal menyelesaikan masalah. Menyelesaikan masalah merupakan bagian dari kemampuan literasi matematika. Literasi matematika dapat membantu peserta didik dalam memahami peranan matematika di kehidupan sehari-hari. Studi International yang mengukur tingkat literasi matematika di berbagai negara yaitu PISA. Studi PISA tahun 2018 menempatkan Indonesia menjadi salah satu negara dengan kemampuan literasi matematika cukup rendah yaitu peringkat 70 dari 79 negara, dengan rata-rata kemampuan literasi matematika siswa Indonesia berada pada tingkatan level 1 dan level 2. Hasil studi PISA menjadi bahan pertimbangan dan refleksi bagi proses pembelajaran di Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkannya penelitian untuk mengukur kemampuan literasi matematika di sekolah yang ada di Indonesia. Salah satu sekolah/madrasah yang mempunyai sejarah dan peranan penting di Indonesia khususnya di Kabupaten Jember adalah MAN 1 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika model PISA kelas X EKA Matematika A di MAN 1 Jember. Manfaat dari penelitian ini yaitu memberikan gambaran tentang kemampuan literasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika model PISA sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam KBM. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu 12 siswa kelas X EKA Matematika A yang dipilih karena mempunyai motivasi dan kemampuan matematika yang homogen. Pengumpulan data dilakukan mengggunakan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Setiap hasil tes dianalisis berdasarkan indikator kemampuan literasi matematika dengan menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles, Hubermen, dan Saldana. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperiksa kebenarannya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa pada tingkatan level 1 dengan persentase 8,3% mempunyai kemampuan literasi matematika pada aspek komunikasi, matematisasi, penalaran dan argumen, dan memilih strategi dalam memecahkan masalah, level 2 dan level 3 dengan persentase berturut-turut 8,3% dan 25% mempunyai kemampuan literasi matematika pada aspek komunikasi, matematisasi, representasi, penalaran dan argumen, dan memilih strategi dalam memecahkan masalah. Dan siswa yang berada pada tingktan level 4 dan level 6 dengan persentase berturut-turut 8,3% dan 50% mempunyai kemampuan literasi matematika pada aspek komunikasi, matematisasi, representasi, penalaran dan argumen, memilih strategi dalam memecahkan masalah, dan menggunakan bahasa dan operasi simbolis formal, dan teknis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:03
Last Modified: 13 Sep 2022 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13103

Actions (login required)

View Item View Item