PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN NONFINANSIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) Tbk KANTOR CABANG JEMBER

MUFMILA, RINI (2022) PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN NONFINANSIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) Tbk KANTOR CABANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
RINI MUFMILA WATERMARK.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Rini Mufmila, Rini Puji Astuti, S.Kom., M.Si., 2022: “Pengaruh Kompensasi Finansial dan Nonfinansial Terhadap Kinerja Karyawan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Jember)”.
Sumber daya manusia adalah harta terpenting yang dimiliki oleh suatu organisasi serta kunci keberhasilan suatu organisasi tersebut adalah manajemen yang efektif. Karena sumber daya manusia dianggap semakin penting dalam perannya mencapai tujuan perusahaan, maka berbagai pengalaman dan hasil penelitian dalam bidang sumber daya manusia dikumpulkan secara sistematis dalam apa yang disebut manajemen sumber daya manusia. Manajemen sumber daya manusia dapat juga menghasilkan kinerja yang baik dalam suatu perusahaan dengan cara menilai, pemberian kompensasi dalam tiap-tiap individunya sesuai dengan kemampuan kinerjanya. Disisi lain timbal balik yang diberikan perusahaan terhadap karyawan tidak begitu besar, seperti halnya pemberian kompensasi finansial dan nonfinansial yang diberikan perusahaan dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan pokok setiap hari.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : a) apakah kompensasi finansial berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan pada BRI KC Jember?, b) apakah kompensasi nonfinansial berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan pada BRI KC Jember?, c) apakah kompensasi finansial dan kompensasi nonfinansial berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan pada BRI KC Jember?.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research. Pada penelitian ini responden yang digunakan pada karyawan bagian marketing di BRI KC Jember berjumlah 67 karyawan. Teknik insidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, dimana karyawan dipilih secara kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan menjadi sampel, akan dipandang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Adapun analisis data kuantitatif yang digunakan meliputi Uji Instrumen Penelitian/Uji Kualitas Data (Uji Validitas, dan Uji Reabilitas), Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Heteroskedastisitas), Uji Regresi Linear Berganda, Uji Koefisien Determinasi R2, dan Uji Hipotesis (Uji T dan Uji F).
Hasil penelitian berdasarkan uji t menunjukkan nilai t hitung dan t tabel pada kompensasi finansial sebesar 2,972 > t tabel 1,670, dan kompensasi nonfinansial sebesar 4,364 > t tabel 1,670. Berdasarkan hasil uji f menunjukkan nilai f hitung dan f tabel sebesar 15,711 > f tabel 3,14. Dapat disimpukan bahwa, 1) secara parsial kompensasi finansial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. 2) secara parsial kompensasi nonfinansial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. 3) secara simultan (bersamaan) kompensasi finansial dan kompensasi nonfinansial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.

Kata Kunci: Kompensasi Finansial, Kompensasi Nonfinansial, Kinerja Karyawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: RINI MUFMILA
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:38
Last Modified: 13 Sep 2022 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13113

Actions (login required)

View Item View Item