Internalisasi Nilai-nilai Akhlakul Karimah melalui Metode Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah di MTs Negeri 1 Jember.

Amalia, Farida Ihza (2020) Internalisasi Nilai-nilai Akhlakul Karimah melalui Metode Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah di MTs Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Farida Ihza Amalia_T20161164.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Shalat dhuha merupakan salah satu jenis shalat yang disyariatkan dalam Islam. Setiap manusia memiliki kebutuhan dan keinginan masing-masing. Bagi yang beriman, segala kebutuhan, cita-cita, harapan, dan keinginan tersebut tidak serta merta selalu ditempuh melalui jalan usaha secara praktis. Bahkan, secara tidak sadar setiap manusia yang beriman yang melakukan pembiasaan shalat dhuha setiap harinya akan berpengaruh kepada pembiasaan baik lainnya yang dikerjakan pada kegiatan sehari-harinya. Pembiasaan baik tersebut merupakan hasil dari cerminan perangai, tingkah laku, dan akhlak sehari-hari. Oleh karena itu, dengan melakukan pembiasaan shalat dhuha berjamaah secara tidak langsung dapat menginternalisasikan nilai-nilai akhlakul karimah, khusunya kepada peserta didik. Berdasarkan uraian tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana Proses Pendidikan Melalui Diri Sendiri pada Internalisasi Nilai-nilai Akhlakul Karimah melalui Metode Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah di MTs Negeri 1 Jember ?, 2) Bagaimana Proses Pendidikan Melalui Orang Lain pada Internalisasi Nilai-nilai Akhlakul Karimah melalui Metode Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah di MTs Negeri 1 Jember ?, 3) Apa Saja Nilai-nilai yang Dinternalisasikan melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah di MTs Negeri 1 Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian field research atau lapangan. Dengan penggambilan informan menggunakan purposive. Metode pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman yang mengatakan analisis data terbagi menjadi tiga aktivitas bersamaan: (1) Kondensasi data, (2) Penyajiam data, (3) dan Penarikan kesimpulan atau verifikasi. Serta untuk menguji keabsahan menggunakan kredibilitas data yaitu trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Adapun penelitian yang dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa : internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah melalui metode pembiasaan sholat dhuha dapat dilakukan melalui proses internalisasi pendidikan dari diri sendiri dan orang lain. Adapun dalam proses pelaksanaan, dan tahapan internalisasi pembiasaan secara umum pendidikan melalui dirisendiri dan melalui orang lain secara garis besar hampir sama tahapannya. Namun, untuk faktor pelaksanaan pada pendidikan melalui diri sendiri disebabkan dengan adanya keinginan, kesadaran dan kebutuhan. Sedangkan pada pendidikan melalui orang lain disebabkan dengan pergaulan, motivasi, inspirasi, informasi dan paksaan. Adapun nilai-nilai yang diinternalisasikan yakni jujur, istiqamah, kedispilinan, ta’dzim, berani, dan tolong-menolong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:40
Last Modified: 13 Sep 2022 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13114

Actions (login required)

View Item View Item