Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Dipadu Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem Kelas X IPA MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2019/2020.

Milla, Zahrotul (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Dipadu Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem Kelas X IPA MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zahrotul Milla_T20168006.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Model pembelajaran jigsaw dipadu problem based learning merupakan perpaduan dari dua model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kelompok secara heterogen yang saling bekerja sama serta memiliki tanggung jawab dan berbasis permasalahan sebagai konteks belajar siswa, sehingga siswa lebih interaktif dan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran jigsaw dipadu problem based learning pada materi ekosistem kelas X IPA MAN 2 Jember tahun ajaran 2019/2020? 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran jigsaw dipadu problem based learning pada materi ekosistem kelas X IPA MAN 2 Jember tahun ajaran 2019/2020? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran jigsaw dipadu problem based learning pada materi ekosistem kelas X IPA MAN 2 Jember tahun ajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran jigsaw dipadu problem based learning pada materi ekosistem kelas X IPA MAN 2 Jember tahun ajaran 2019/2020. 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran jigsaw dipadu problem based learning pada materi ekosistem kelas X IPA MAN 2 Jember tahun ajaran 2019/2020. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw dipadu problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X IPA MAN 2 Jember tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain non-equivalent group pretest posttest design dan jenis penelitian quasi experiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel kelas X IPA 4 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest, sedangkan non tes berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji Mann�Whitney U test karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata hasil belajar pretest siswa kelas eksperimen 50,28 dan kelas kontrol 51,66 dengan nilai Asymp.sig (2 tailed) sebesar 0,779 > 0,05 maka tidak ada perbedaan hasil belajar pretest siwa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan rerata hasil belajar posttest siswa kelas eksperimen 80 dan kelas kontrol 74,167 dengan nilai Asymp.sig (2 tailed) sebesar 0,012 < 0,05 maka ada perbedaan hasil belajar posttest siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, ada pengaruh model pembelajaran jigsaw dipadu problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X IPA MAN 2 Jember tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:45
Last Modified: 13 Sep 2022 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13117

Actions (login required)

View Item View Item