Penggunaan Alat Peraga Murah (APM) Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Dimadrasah Ibtidaiyah Ma’arif 02 Darul Ulum Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

FATHONI, M RIFQI (2020) Penggunaan Alat Peraga Murah (APM) Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Dimadrasah Ibtidaiyah Ma’arif 02 Darul Ulum Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M RIFQI FATHONI_084 144 069.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Alat peraga murah ini adalah suatu alat bantu pembelajaran yang efektif dilakukan dalam pembelajaran tematik karena alat peraga ini berperan menyampaikan materi pembelajaran yang abstrak menjadi kongkrit, pada saat ini alat peraga murah yang di terapkan di mi Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 02 Darul Ulum Balung sangat mendukung pembelajaran tematik. Dengan alat peraga murah ini Menjadikan suasana pelajaran lebih hidup, baik, dan menyenangkan, karena Peserta Didik sangat aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan juga Peserta Didik lebih memperhatikan guru menggunakan alat peraga murah ini. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penentuan dan pengronasisan pembelajaran tematik dengan APM dengan alat praga murah? 2) Bagaimana merancang bahan dan sumber pembelajaran tematik dengan APM? 3) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik dengan APM ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 02 Darul Ulum Jl Rengganis, Kec. Balung, Kab. Jember, Subyek penelitian menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis deskriptif yaitu: data reduksi, data display, kondensasi, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1) dalam penentun tema sudah ditentukan akan tetapi guru dapat mengembangkan pembelajaran tersebut dengan membuat ketercapaian dalam indikator dan setelah itu di tuangkan dalam RPP. 2) dalam pembelajaran tematik dikelas Bu Nurul Hidayah Hidayah Selaku guru kelas memilih media dan sumber belajar ini di sesuaikan dengan kegiatan pembelaja serta Bu Nurul Hidayah Hidayah dalam melakukan pembelajaran memilih Alat Peraga Murah (APM) sebagai media yang di gunakan untuk menyampaikan pembelajaran. 3) dalam pembelajaran tematik disini Bu Nurul Hidayah makai alat peraga murah atau APM karena dengan menggunakan alat peraga murah ini peserta didik lebih memahami tengtang apa yang di jelaskan oleh guru, dan juga di sini burul menjelaskan mengenai pembuatan serta dampak dari penggunaan alat perag murah ini, untuk pembuatan alat perga murah bu nurul sudah menyiapkan materinya saat di kelas guru dan peserta didik membuat alat peraga murah tersebut. Sedangkan dampaknya cukup baik untuk peseta didik, mereka jauh lebih memahami apa yang di sampaikan oleh bu nurul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Sep 2022 01:49
Last Modified: 14 Sep 2022 01:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13118

Actions (login required)

View Item View Item