Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dengan Memanfaaktan Tanaman di sekitar Sekolah terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X MIPA Pada Sub-Materi Spermatophyta di SMA Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2019/2020.

Lestari, Silvina Ayu (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dengan Memanfaaktan Tanaman di sekitar Sekolah terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X MIPA Pada Sub-Materi Spermatophyta di SMA Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Silvina Ayu Lestari_T20168035.pdf - Submitted Version

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi belajar Biologi di sekolah, khususnya pada sub-materi spermatophyta yang perlu menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan perlu pemahaman yang nyata untuk memotivasi siswa dalam belajar dan memperbaiki hasil belajar dengan baik. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dikarenakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dalam proses belajar siswa dituntut untuk aktif dan siswa dibimbing sebagai ilmuwan yakni mencari permasalahan dan solusinya sendiri dengan pengamatan langsung pada tanaman di sekitar sekolah. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimanakah model pembelajaran (guided inquiry) dengan memanfaatkan tanaman di sekitar sekolah di kelas X MIPA SMAN 3 Jember. 2) Apakah ada perbedaan motivasi belajar siswa kelas X MIPA sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran model (guided inquiry) dengan memanfaatkan tanaman di sekitar sekolah SMAN 3 Jember. 3) Apakah ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa kelas X MIPA sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran model (guided inquiry) dengan memanfaatkan tanaman di sekitar sekolah SMAN 3 Jember Penelitan ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperiment desain. Sampel penelitian yaitu kelas X MIPA 3 yang berjumlah 35 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji instrumen validitas dan realibilitas selanjutnya uji prasyarat hipotesis yakni uji normalitas dan homogenitas kemudian dilakukan uji hipotesis yakni uji Z dan uji Wilicoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dengan memanfaatkan tanaman di sekitar sekolah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan observer, skor yang didapat yakni 92% , hasil tersebut di katagorikan sangat baik. Dan terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar siswa kelas X MIPA 3 di SMA Negeri Jember, hasilnya diperoleh dari uji hipotesis yakni t hitung (14,515) > t tabel (2,032) maka Ha diterima dan H0 ditolak menunjukkan ada perbedaan rata-rata dengan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0.000 < 0,05. Dan terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MIPA 3 di SMA Negeri Jember, hasilnya diperoleh dari uji hipotesis nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 > 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Sep 2022 01:45
Last Modified: 14 Sep 2022 01:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13121

Actions (login required)

View Item View Item