Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Jember.

Nisa, Khoirun (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khoirun Nisa_T20163039.pdf - Submitted Version

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh lembaga pendidikan yang di dalamnya terdapat sarana berbentuk jasa layanan untuk menunjang kebutuhan pembelajaran. Setiap lembaga pendidikan baik negeri maupum swasta tentu menyediakan jasa layanan berupa perpustakaan bagi seluruh stakeholder. Pelayanan di Perpustakaan berupa layanan sirkulasi, layanan refrensi, layanan ruang baca, layanan Audio Visual, layanan bercerita, layanan jasa dokumentasi, layanan jasa informasi, layanan terjemah, layanan jasa silang layan, jasa pembendelan dan perbaikan buku. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah persepsi mahasiswa tentang kualitas pelayanan perpustakaan di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Jember? 2) Bagaimanakah tingkat kepuasan mahasiswa di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Jember? 3) Apakah kualitas pelayanan perpustakaan yang meliputi dimensi affect of service, information control, dan library as place berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan mahasiswa di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Jember? 4) Apakah kualitas pelayanan perpustakaan yang meliputi dimensi affect of service, information control, dan library as place berpengaruh secara individu terhadap kepuasan mahasiswa di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi meliputi seluruh mahasiswa yang berkunjung ke Perpustakaan tahun akademik 2019/2020 yang berjumlah 5.352 mahasiswa. Ukuran jumlah sampel untuk penelitian survei minimal 100 mahasiswa sebagai sampel dengan teknik incedental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi mahasiswa tentang kualitas pelayanan perpustakaan pada variabel affect of service diperoleh rata-rata secara keseluruhan dalam kategori cukup tinggi, variabel information control dalam kategori cukup tinggi dan variabel library as place dalam kategori cukup tinggi. 2) Tingkat kepuasan mahasiswa berada pada kategori tinggi dengan persentase 49%, pada kategori sedang sebesar 41% dan kategori rendah dengan persentase 10%. 3) Terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan perpustakaan yang meliputi affect of service, information control, dan library as place secara bersama-sama terhadap kepuasan mahasiswa di Perpustakaan IAIN Jember. 4) Terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan perpustakaan yang meliputi affect of service, information control, dan library as place secara individu terhadap kepuasan mahasiswa di Perpustakaan IAIN Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:19
Last Modified: 14 Sep 2022 03:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13131

Actions (login required)

View Item View Item