Nur Hassan, Mohammad (2020) Pembinaan „ubudiyah di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Kecamatan Genteng - Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mohammad Nur Hassan_T20161074.pdf - Submitted Version Download (7MB) |
Abstract
Pembinaan „kegiatan ibadah („ubudiyah) adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh suatu umum maupun pendidikan dalam hal pembinaan, pengaturan, pembimbingan, penjadwalan kegiatan peribadatan, baik berupa shalat fardhu, shalat sunnah maupun kegiatan ibadah lainnya. untuk mencapai suatu tujuan yakni meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Pembinaan ini menjadi penting di sebuah lembaga pendidikan karena banyak generasi muda yang pendidikan agamanya kurang khususnya peserta didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 1 Kecamatan Genteng - Banyuwangi, hal tersebut dapat diketahui dari hilangnya nilai-nilai agama dan kesadaran dalam kegiatan ibadah. Namun melalui pembinaan „ubudiyah seperti shalat berjamaah, tafhim Al-Qur‟an dan kultum hal itu dapat diatasi karena kegiatan sudah terprogram dengan baik. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pembinaan „ubudiyah melalui kegiatan shalat berjamaah?, (2) Bagaimana pembinaan „ubudiyah melalui kegiatan tafhim Al�Qur‟an?, (3) Bagaimana pembinaan „ubudiyah melalui kegiatan kultum? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah: (1) pembinaan „ubudiyah melalui Kegiatan Shalat Berjamaah di SMP Muhammadiyah 1 Kecamatan Gentengi-Banyuwangi yaitu berupa kegiatan shalat berjamaah dilaksanakan pada tiga waktu shalat Dhuha, Dhuhur dan Ashar. Dipengaruhi oleh faktor pendukung yakni kesadaran diri, pengetahuan peserta didik, kerjasama semua warga sekolah, kerjasama dengan wali peserta didik, adanya pengawasan dan pemeriksaan. Kemudian faktor penghambatnya yakni kurangnya kesadaran peserta didik, pengetahuan peserta didik, peserta didik terlanbat datang ke sekolah dan peserta didik yang memperlambat ketika wudlu. Implikasi kegiatan shalat berjamaah adalah Shalat berjamaah menjadi kebiasaan bagi peserta didik, meningkakan antusias peserta didik dalam shalat, kebiasaan yang terus dibawa oleh peserta didik. (2) pembinaan „ubudiyah melalui Kegiatan Tafhim Al-Qur‟an di SMP Muhammadiyah 1 Kecamatan Genteng Banyuwangi yaitu berupa kegiatan tafhim Al-Qur‟an yang dilaksanakan pada waktu Dhuha, dan Ashar. Diprngaruhi oleh faktor pendukung yakni pengetahuan peserta didik, kerjasama antara kepala sekolah dan ismuba. Kemudian faktor penghambanyat yakni pengetahuan peserta didik yang kurang, peserta didik terlanbat datang ke sekolah. Implikasi kegiatan tafhim Al-Qur‟an adalah mengkaji Al-Qur‟an menjadi kebiasaan bagi peserta didik, meningkakan antusias peserta didik dalam membaca Al-Qur‟an, kebiasaan yang selalu dibawa oleh peserta didik. (3) pembinaan „ubudiyah melalui Kegiatan Kultum Di SMP Muhammadiyah 1 Kecamatan Genteng-Banyuwangi yaitu berupa kegiatan kultum yang dilaksanakan pada waktu Dhuha dan Ashar. Diprngaruhi oleh faktor pendukung yakni mental peserta didik, kerjasama antara kepala sekolah dengan ismuba, kerjasama semua warga sekolah, dukungan wali kelas. Kemudian faktor penghambatnya yakni mental peserta didik, peserta didik terlanbat datang ke sekolah dan tidak tertib. Implikasi kegiatan kultum ini adalah peserta didik akan mendapat pengetahuan baru dan meningkakan pengertian peserta didik. Sementara dari kegiatan shalat berjamaah, tafhim Al-Qur‟an dan kultum memiliki implikasi negative yang sama yakni beberapa peserta didik yang tidak maksimal dalam menjalankan kegiatan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 03:19 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 03:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13132 |
Actions (login required)
View Item |