SAFITRI, VINA YUNDA (2020) Pembelajaran Sejarah Islam Pada Kegiatan Komunitas Pegon dan Dampaknya di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
VINA YUNDA SAFITRI_T20161007.pdf - Submitted Version Download (8MB) |
Abstract
Komunitas pegon merupakan salah satu pendidikan non formal yang ada di masyarakat berupa komunitas remaja milenial yang terbentuk tahun 2016 berupaya mengungkapkan sejarah khazanah pesantren dan Nahdlatul Ulama di Kabupaten Banyuwangi. Oleh karena itu, dalam mewujudkan tujuan terbentuknya komunitas pegon mengadakan serangkaian kegiatan tentang edukasi penelitian sejarah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran sejarah Islam di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi?; 2) Bagaimana kegiatan komunitas pegon di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi?; 3) Bagaimana dampak kegiatan komunitas pegon di Kecamatan banyuwangi Kabupaten Banyuwangi?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran sejarah Islam di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi; 2) Untuk menjelaskan kegiatan komunitas pegon di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi; 3) Untuk menjelaskan dampak kegiatan komunitas pegon di Kecamatan banyuwangi Kabupaten Banyuwangi. Untuk menjawab fokus penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian fenomenologi. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verivikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Islam di komunitas pegon yaitu proses perencanaan pembelajarannya dilakukan dalam jangka pendek dan jangka panjang sesuai jadwal yang di buat oleh kepengurusan komunitas pegon dengan berbagai kegiatan penelitian sejarah NU, pesantren dan Kyai di Banyuwangi. Pada pelaksanaan jangka pendek dilakukan setiap minggunya dan jangka panjang kondisional setiap 1 sampai 2 tahun. sedangkan untuk proses evaluasi berdasarkan hasil pencapaian baik karya tulis maupun pengetahuan setelah mengikuti kegiatan untuk melihat timbal balik dari kegiatan pembelajaran pada setiap tahunnya; 2) Adapun kegiatan yang di lakukan komunitas pegon yaitu: a. Pembelajaran tentang cara melakukan penelitian sejarah dengan penelitian langsung ke lapangan dan mengkajinya sesuai dengan situasi saat ini, b. Pendidikan non formal, meliputi: a). pembelajaran online melalui postingan, b). Diskusi tentang sejarah keislaman di Banyuwangi, c). menulis buku sejarah NU, pesantren dan Kyai di Banyuwangi. d). bedah buku; 3) Dampak positif dari adanya kegiatan pembelajaran sejarah Islam yaitu a) sebagai wadah menyalurkan aspirasi, bakat dan minat para anggota komunitas dan masyarakat pada kesejarahan, b) kegiatan pembelajaran ini dapat mengalihkan perhatian dari kegiatan yang kurang bermanfaaat. c) menumbuhkan spiritual keagamaan, jiwa patriotisme dan berfikir kritis remaja atau masyarakat di Kecamatan Banyuwangi, d) menarik para sejarawan untuk melakukan penelitian di Banyuwangi. Sedangkan dampak negatifnya yaitu a) jika ada masalah mudah merambat karena terbentuk dari hubungan keakraban, b) jarang adanya aturan tertulis dan fanatik karena sifatnya homogen. c) kurang konsisten serta terorganisir di setiap kegiatannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 03:19 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 03:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13133 |
Actions (login required)
View Item |