ROSITA, IMELITA EKA (2020) Pendidikan Ekologi Pesantren dalam Membentuk Karakter Disiplin di Pondok Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
IMELITA EKA ROSITA_T20161060.pdf - Submitted Version Download (12MB) |
Abstract
Pendidikan ekologi pesantren merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang kesadaran pendidikan lingkungan hidup yang diajarkan di pesantren, untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dengan cara merawat dan menjaga lingkungan agar tetap bersih, karena Islam mengajarkan agar manusia selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Dengan adanya pendidikan ekologi pesantren akan membentuk karakter disiplin, dan memperoleh banyak manfaat dalam kehidupan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana bentuk pelaksanaan Pendidikan Ekologi Pesantren dalam membentuk karakter disilin di Pondok pesantren Nurul Qarnain Sukowono? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Pendidikan Ekologi Pesantren dalam Membentuk Karakter Disiplin di Pondok Pesantren Nurul Qurnain Sukowono? 3) Apa dampak dari Pendidikan Ekologi Pesantren dalam Membentuk Karakter Disiplin di Pondok Pesantren Nurul Qurnain Sukowono? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bentuk pelaksanaan Pendidikan Ekologi Pesantren dalam membentuk karakter disilin di Pondok pesantren Nurul Qarnain Sukowono. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Pendidikan Ekologi Pesantren dalam Membentuk Karakter Disiplin di Pondok Pesantren Nurul Qurnain Sukowono. 3) Mendeskripsikan dampak dari Pendidikan Ekologi Pesantren dalam Membentuk Karakter Disiplin di Pondok Pesantren Nurul Qurnain Sukowono. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, interview/wawancara, dan dokumenter. Sedangkan metode analisis data dimulai dari data condensation, data display, dan conclution drawing/verification. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Bentuk pelaksanaan dari pendidikan ekologi pesantren di pondok Nurul Qarnain Sukowono berupa program dan kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Seperti program piket kamar, memungut sampah, mencabut rumput, dan membersihkan halaman. 2) Faktor pendukung dari pendidikan ekologi pesantren yaitu kesadaran diri, uswah sang Kyai, kerja sama, adanya peraturan dan sanksi, evaluasi dan sosialisasi kesehatan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu minimnya kepekaan santri, kurang patuh peraturan, dan masyarakat yang kurang peduli kebersihan. 3) Dampak positifnya yaitu hidup sehat, lingkungan bersih, melatih kemandirian dan disiplin. Sedangkan dampak negatifnya yaitu terkadang bisa membuat santri lelah akibat jadwal pendidikan yang padat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 03:18 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 03:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13138 |
Actions (login required)
View Item |