Pengaruh Metode Blended Learning berbasis Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Spermatophyta di SMA Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

NURMITA SARI, PIPIT (2020) Pengaruh Metode Blended Learning berbasis Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Spermatophyta di SMA Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
PIPIT NURMITA SARI_T20168004.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Pengaruh Metode Blended Learning berbasis Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi SpermatophytMata pelajaran biologi memiliki substansi yang terbilang banyak, seperti fakta, teori dan konsep yang saling berhubungan. Kurangnya jam pembelajaran, sumber belajar serta media pembelajaran membuat tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Selain itu berkembangnya era IPTEK membuat sebagian siswa beralih pada internet daripada buku sebagai sumber belajar. Informasi internet yang belum terjamin kebenarannya akan mempengaruhi pola pemahaman siswa pada suatu materi. Blended learning berbasis edmodo dapat membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Melalui edmodo guru dapat memberikan berbagai jenis sumber belajar dan melakukan pembelajaran tanpa batasan waktu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dibelajarkan dengan metodeblended learning berbasis edmodo pada materi spermatophyta di kelas X SMA Negeri 3 Jember? 2) Adakah pengaruh metode blended learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar siswa pada materi spermatophyta di kelas X SMA Negeri 3 Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dibelajarkan dengan metode blended learning berbasis edmodopada materi spermatophyta di kelas X SMA Negeri 3 Jember. 2) Untuk mengetahui pengaruh metode blended learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar siswa pada materi spermatophyta di kelas X SMA Negeri 3 Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendeatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pre-test post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji wilcoxon signed-ranks. Perhitungan data dianalisis menggunakan statistika inferensial berbantuan software IBM SPSS Statistic Version 25. Model blended learning yang digunakan adalah model web enhanced course berbasis edmodo dengan dua pertemuan tatap muka di kelas dan empat pertemuan online melalui edmodo. Berdasarkan hasil penelitian, 1) Kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan metode blended learning berbasis edmodo memiliki nilai rata-rata pre-test sebesar 3,94 dan nilai rata-rata post-test sebesar 7,48, terdapat peningkatan nilai rata-rata antara pre-test dengan post-test. 2) Nilai hasil uji wilcoxon signed-ranks sebesar 0,00<0,05 yang menunjukkan diterimanya Ha dan ditolaknya H0. Sehingga terdapat perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh blended learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar siswa pada materi spermatophyta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Sep 2022 07:13
Last Modified: 14 Sep 2022 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13142

Actions (login required)

View Item View Item