Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama Al-Kholili Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Fitriyah, Lailatul (2020) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama Al-Kholili Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lailatul Fitriyah_084 141 350.pdf - Submitted Version

Download (39MB)

Abstract

Nilai-nilai pendidikan Islam adalah keberhargaan sesuatu yang berkaitan dengan konsep yang mengandung mutu dari suatu bimbingan yang diberikan pendidik kepada peserta didik terhadap perkembangan jasmani dan rohani menuju kepribadian utama berdasarkan nilai-nilai Islam, di dalam pendidikan Islam terdapat bermacam-macam nilai yang mendukung dalam pelaksanaan pendidikan, nilai tersebut menjadi dasar pengembangan jiwa agar bisa memberi ouput bagi pendidikan yang sesuai dengan harapan masyarakat luas. Fokus dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Al-Kholili Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) Bagaimana Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Perisai Diri di SMP Al-Kholili Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan Penanaman Nilai�nilai Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Al�Kholili Kalisat Kabupaten Jember, (2) Mendeskripsikan Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Perisai Diri di SMP Al�Kholili Kalisat Kabupaten Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif, dengan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Langkah-langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: (1) Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Menengah Pertama Al-Kholili kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu : Dalam kegiatan persami tidak murni hanya kegiatan pramuka seperti biasanya, ketika mengadakan perkemahan selalu ada materi keagamaan dan biasa disebut siraman rohani atau kultum dan tadabbur alam, sehingga nilai keimanan dan ketakwaan siswa dapat menjadi lebih baik. Selain itu,ada kegiatan shalat berjamaah, membiasakan membaca basmalah sebelum kegiatan atau latihan pramuka dimulai, membaca doa sebelum dan sesudah kegiatan, baksos. Dan juga diajarkan untuk saling menghormati, disiplin, bertanggung jawab dan dapat dipercaya dalam mengemban amanah. (2) Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Perisai Diri di Sekolah Menengah Pertama Al-Kholili kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu : Pada prosesi latihan yaitu melakukan hening atau berdoa baik itu sebelum dan sesudah latian. Kebiasaan pelatih untuk mengingatkan shalat isya’ terlebih dahulu sebelum latian dimulai, terdapat pula pada kegiatan di bulan ramadhan yaitu mengadakan kegiatan istighosah, buka puasa, tarawih, dan tadarus bersama yang dapat mempererat kasih sayang sehingga dapat terjalin kekeluargaan dalam kebersamaan. Dalam latihan serang hindar juga diajarkan sikap saling memaafkan dan menjaga amarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Sep 2022 07:13
Last Modified: 14 Sep 2022 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13143

Actions (login required)

View Item View Item