Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Fadilah, Siti Nur (2020) Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Fadilah_T20164077.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Reward dan punishment merupakan alat pendidikan yang strategis dan tepat untuk dijadikan alat pembelajaran. Wacana ini berangkat dari pemahaman bahwa peserta didik merupakan objek sekaligus subyek dari pendidikan, sehingga mutu pendidikan yang akan dicapai tidak terlepas dengan ketergantungan terhadap kondisi fisik, tingkah laku, dan bakat minat peserta didik. Maka, pemberian stimulus dari pendidik berupa pemberian apresiasi dan hukuman akan sangat mempengaruhi cara berpikir dan tingkah laku peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan karakter yang sudah ditetapkan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah:1) bagaimana implementasi reward dalam membentuk karakter disiplin siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) bagaimana implementasi punishment dalam membentuk karakter disiplin siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) bagaimana evaluasi implementasi reward dan punishment dalam membentuk karakter disiplin siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al�Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mangli Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumen. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1)Implementasi reward dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa di MI Al-Hidayah Mangli Jember dilakukan dengan memberikan reward dalam bentuk berupa pujian yaitu memberikan dorongan dan perhatian kepada siswa apabila siswa yang bersangkutan dapat memberi contoh yang baik dan mampu menaati peraturan madrasah, serta memberikan apresiasi dalam bentuk hadiah. Pemberian reward diharapkan dapat membangun suatu hubungan yang positif antara guru dan siswa. 2) Implementasi punishment dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa di MI Al-Hidayah Mangli Jember dilakukan dengan cara memberi peringatan secara bertahap, yaitu memberi teguran spontan sampai memberikan surat peringatan tertulis yang mengarah pada peringatan yang tegas. Memberikan sanksi hukuman dengan tetap mempetimbangkan kondisi psikologi siswa. Adapun bentuk-bentuk pemberian sanksi hukuman antara lain yaitu, menata dan membersihkan ruang kelas dan musholla, menyapu halaman madrasah, membersihkan rumput, sampai pada membersihkan saluran air (selokan) di sebelah madrasah. 3) Evaluasi implementasi reward dan punishment dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa adalah menggunakan evaluasi proses, yaitu penilaian yang dilakukan di saat proses pembelajaran berlangsung dengan mengamati dari sikap siswa sehari-hari ketika berada di lingkungan madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Sep 2022 07:13
Last Modified: 14 Sep 2022 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13144

Actions (login required)

View Item View Item