Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Android Menggunakan Ispring Dan Website 2 Apk Builder pada Materi Tekanan Zat untuk Siswa SMP kelas VIII.

FATONI, WILDAN (2020) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Android Menggunakan Ispring Dan Website 2 Apk Builder pada Materi Tekanan Zat untuk Siswa SMP kelas VIII. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WILDAN FATONI_T201610038.pdf - Submitted Version

Download (14MB)

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran IPA berbasis android ini didasarkan pada fakta dan temuan di lapangan, yaitu minimnya media pembelajaran IPA yang terdapat di SMP Negeri 1 Jenggawah. Media pembelajaran sangat dibutuhkan bagi materi yang perlu menghadirkan fenomena dalam kehidupan sehari-hari, perlu menghadirkan simulasi dan percobaan yang terkadang menyita waktu, dan perlu menghadirkan contoh penerapan materi tersebut dalam pembelajaran di kelas. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif solusi dari permasalahan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian pengembangan ini adalah (1) Bagaimana kevalidan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis android menggunakan ispring dan website 2 apk builder pada materi tekanan zat untuk siswa SMP kelas VIII, (2) Bagaimana respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran IPA berbasis android menggunakan ispring dan website 2 apk builder pada materi tekanan zat untuk siswa SMP kelas VIII. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kevalidan media pembelajaran IPA berbasis android menggunakan ispring dan website 2 apk builder pada materi tekanan zat untuk siswa SMP kelas VIII, (2) Mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran IPA berbasis android menggunakan ispring dan website 2 apk builder pada materi tekanan zat untuk siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, diantaranya yaitu; (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Namun tahap Implementation dan Evaluation tidak dilakukan. Produk yang telah selesai dikembangakan kemudian divalidasi oleh para ahli, yakni 3 dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang terdiri dari ahli materi, dan ahli media, serta 1 guru SMP Negeri 1 Jenggawah sebagai validator ahli guru IPA. Setelah divalidasi kemudian produk diuji coba lapangan untuk mengetahui respon siswa. Hasil penelitian pengembangan media yang telah dilakukan memperoleh nilai validasi materi sebesar 89,20% dan validasi media sebesar 89%. Rata-rata total hasil validasi materi dan media sebesar 89,10%, sehingga media memperoleh kategori sangat valid. Hasil uji respon siswa pada skala kecil memperoleh nilai sebesar 87,83% dan hasil uji respon siswa pada skala besar 88,53%, sehingga media memperoleh kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Sep 2022 07:12
Last Modified: 14 Sep 2022 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13145

Actions (login required)

View Item View Item