Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Jember

AMIKOH, AKHIDATUL (2020) Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AKHIDATUL AMIKOH_T20151037.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

SMK Negeri 2 Jember merupakan sekolah yang menerapkan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berbasis kompetensi yang mana guru dituntut harus memiliki kompetensi, salah satunya kompetensi pedagogik, yang salah satu aspek yang paling berkaitan terhadap pembelajaran diantara perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Hal itu menjadi penentu akan kualitas belajar pembelajaran. Adapun fokus penelitian yang dimaksud dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perancangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Jember? (3) Bagaimana pemanfaatan teknologi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Jember? (4) Bagaimana evaluasi hasil belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif , metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, jenis penelitian field research, subyek penelitian menggunakan purposive sampling, sedangkan sumber data yang diperoleh dari pengumpulan-pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis datatanya menggunakan analisis data model interaksi Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian yang terakhir keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Desain atau perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Jember RPP dan Silabus dibuat oleh guru PAI secara bersama-sama dengan forum IHT (In House Trainning) yang didalamnya juga terdapat tambahan mengenai peningkatan kompetensi guru, dan juga dengan diadakannya MGMP tingkat sekolah setiap 3 bulan sekali. Guru PAI di SMK Negeri 2 Jember sudah baik dalam bagaimana mereka memahami karakteristik peserta didik. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dapat dilihat dari PKG (Penilaian Kinerja Guru), mulai dari persiapan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran guru PAI dari tim asesor sudah mendapatkan penilaian yang baik. 3) Fasilitas pendidikan di SMK Negeri 2 Jember sudah sangat memadai termasuk sarana dan prasarana, sumber-sumber belajar, perkembangan teknologi apalagi di SMK Negeri 2 Jember banyak jurusan dan setiap jurusan sudah memiliki bengkel-bengkel kerja tersendiri. (4) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah dengan adanya penilaian proses pembelajaran dan penilaian hasil akhir. Kemudian terdapat UH, UTS dan UAS. Penilaian diambil dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Ada juga penilaian kelas, tes kemampuan dasar, penilaian program. Kemudian terdapat evaluasi berupa perbaikan dalam pengembangan silabus dan RPP yang dilkukan dalam kegiatan MGMP setiap 3 bulan sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Sep 2022 08:10
Last Modified: 14 Sep 2022 08:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13149

Actions (login required)

View Item View Item