Pembinaan Akhlak Melalui Pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah Di Pondok Pesantren Al-Falah Desa Rejoagung, Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Tahun 2019

ABDY, AYU AMALIA (2020) Pembinaan Akhlak Melalui Pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah Di Pondok Pesantren Al-Falah Desa Rejoagung, Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Tahun 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AYU AMALIA ABDY_084131048.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren merupakan kesepakatan bersama dengan melibatkan pihak yang mewakili komunitas Pesantren, yang masing�masing telah memvalidasi rumusan norma hukum secara optimal sesuai dengan karakteristik dan kekhasan Pesantren. Pesantren merupakan lembaga yang berbasis masyarakat dan didirikan oleh perseorangan, yayasan, organisasi masyarakat Islam dan/atau masyarakat yang menanamkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt., menyemaikan akhlak mulia, serta memegang teguh ajaran Islam rahmatan lil'alamin yang tercermin dari sikap rendah hati, toleran, keseimbangan, moderat, dan nilai luhur bangsa Indonesia lainnya melalui pendidikan, dakwah Islam, keteladanan, dan pemberdayaan masyarakat dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pesantren yang masih perlu untuk meningkatkan mutu dan kualitas para santri,dibutuhkan Kitab yang bisa memberikan penanaman dan pendidikan terutama pembinaan akhlak. Karena secara tidak langsung, mereka sangat butuh pedoman hidup. Oleh karena itu melalui Kitab Bidayatul Hidayah ini, diharapkan bisa memberikan pengetahuan dan ilmu bagi para santri tentang kehidupan, meliputi pendidikan terutama peembianaan akhlak. Untuk mempermudahkan proses penelitian ini, maka peneliti membuat beberapa fokus masalah yang diantaranya: 1)Bagaimana pembinaan akhlak kepada Allah melalui pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah di pondok pesantren Al-Falah Rejoagung Banyuwangi? 2) bagaimana pembinaan akhlak kepada manusia melalui pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah di Pondok pesantren Al-Falah Rejoagung Banyuwangi? 3) Bagaimana pembinaan akhlak kepada alam semesta melalui pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah di Pondok pesantren Al-Falah Rejoagung Banyuwangi? Tujuan penelitian ini adalah: 1)Bagaimana pembinaan akhlaq kepada Allah melalui pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah di pondok pesantren Al-Falah Rejoagung Banyuwangi? 2) bagaimana pembinaan akhlak kepada manusia melalui pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah di Pondok pesantren Al-Falah Rejoagung Banyuwangi? 3) Bagaimana pembinaan akhlaq kepada alam semesta melalui pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah di Pondok pesantren Al-Falah Rejoagung Banyuwangi? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu 1) Bahasan-bahasan pada materi yang ada di dalamnya, memberikan kita banyak pengetahuan dan ilmu. Serta do’a-do’a yang diselipkan oleh Imam Ghozali, sangat rugi ketika tidak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Buku panduan (Kitab Bidayatul Hidayah) ini, saat diterapkan apa�apa yang ada dalam Kitab ini, hidup kita akan semakin yakin dengan ketentuan�ketentuan-Nya, semakin sadar jika sikap dan akhlak kita masih perlu diperbaiki lagi dan lagi. 2) memberikan pelajaran mendalam bagi para santrinya. dan semua santri dapat mengetahui menerapkannya bagaimana etika dalam bergaul. 3) menumbuhkan kesadaran santri, dan penanaman etika dalam kehidupan sehari-hari. Karena isi dari Kitab ini mengandung banyak materi yang cocok bagi para santri yang masih haus akan pendidikan, terutama pembinaan akhlak. sehingga santri mengetahui bagaimana cara berakhlaq terhadap Alam, salah satu contoh adalah dengan tidak merusaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Sep 2022 08:09
Last Modified: 14 Sep 2022 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13152

Actions (login required)

View Item View Item