Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekitar: Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Amanita, Safira Dwi (2020) Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekitar: Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Safira Dwi Amanita_T20154027.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan atau yang lebih dikenal dengan mata pelajaran PJOK yang hampir semua pembelajarannya bisa dilakukan di luar kelas sehingga membutuhkan sarana dan prasana khusus untuk proses pembelajaran tersebut. Jika sarana dan prasana yang dimiliki madrasah/ sekolah tidak lengkap atau tidak ada, maka disinilah peran seorang guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam memanfaatkan lingkungan sekitarnya sebagai media yang menunjang pembelajaran. Hal ini sebagaimana yang sudah dilakukan oleh guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Madrasah Ibtida’iyah Negeri 4 Jember. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam pemanfaatan lingkungan sekitar; 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam pemanfaatan lingkungan sekitar; 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam pemanfaatan lingkungan sekitar. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pemanfaatan lingkungan sekitar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan khususnya di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 4 Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Menentukan subyek penelitian menggunakan metode purposive. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengukur keabsahan datanya peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik Adapun hasil dari penelitian ini yaitu; 1) Perencanaan pemanfaatan lingkungan sekitar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yaitu; a.) Menyiapkan Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Promes) bersama guru kelas dan Kepala Madrasah; b) Menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang di dalamnya ada pemanfaatan lingkungan sekitar. c) Menentukan strategi pembelajaran, yaitu Contextual Teaching Learning (CTL) dan Cooperative Learning. d) Memilih media pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sekitar.; 2) Pelaksanaan pemanfaatan lingkungan sekitar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sebagai berikut: a) Menggunakan strategi Contextual Teaching Learning (CTL) pada materi melompat zig zag pada kelas 4, materi gerak dasar mendorong pada kelas 2, materi kombinasi lari dan lompat pada kelas 4, dan strategi Cooperative Learning pada materi permainan mendorong tembok pada kelas 1; c) Menggunakan media bambu, tembok madrasah, media pohon, kardus dan tongkat.; 3) Evaluasi pemanfaatan lingkungan sekitar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan meliputi: a) Evaluasi harian yaitu penilaian keterampilan dan penilaian sikap peserta didik setiap pembelajaran; b) Evaluasi tentang keefektifan strategi dan media pembelajaran yang telah digunakan dengan melihat keaktifan peserta didik; c) Evaluasi sumatif tes tulis diakhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Sep 2022 08:09
Last Modified: 14 Sep 2022 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13153

Actions (login required)

View Item View Item