Pengaruh Strategi Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VII MTsN 2 Bondowoso

Nisaq, Khairin (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VII MTsN 2 Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khairin Nisaq_T201610013.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Mata pelajaran IPA masih saja sering menjadi pelajaran yang dianggap membosankan oleh siswa. Hal ini dapat dikarenakan siswa merasa tidak senang dan bosan dengan pembelajaran yang dilakukan. Dari hasil wawancara dengan guru IPA di MTsN 2 Bondowoso diketahui bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA di dalam kelas masih rendah. Dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru dengan memberikan ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas, sehingga seringkali kesulitan dalam memahami konsep yang dipelajari pada suatu materi. Selain itu, hasil wawancara peneliti dengan siswa menunjukkan bahwa beberapa siswa di MTsN 2 Bondowoso memiliki sikap peduli lingkungan yang masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya sampah yang masih ditemukan di kolong meja dan belum ada pemilahan dalam membuang sampah di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada materi pencemaran lingkungan. 2) Mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap pemahaman konsep siswa. 3) Mengetahui peningkatan sikap peduli lingkungan siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM). 4) Mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap sikap peduli lingkungan siswa Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes dan angket. Analisis data yang digunakan adalah Independent Sample t-test dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat mengalami peningkatan. 2) Pemahaman konsep siswa kelas yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap pemahaman konsep siswa. 3) Sikap peduli lingkungan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat mengalami peningkatan. 4) Sikap peduli lingkungan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil tersebut diketahui bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap sikap peduli lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:36
Last Modified: 15 Sep 2022 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13160

Actions (login required)

View Item View Item