Integrasi Nilai Multikultural pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rambipuji Jember.

Firdaus, Zakia Ainiyah (2020) Integrasi Nilai Multikultural pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zakia Ainiyah Firdaus_T20161116.pdf - Submitted Version

Download (20MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keanekaragaman baik dari suku, ras maupun agama sehingga Indonesia memiliki semboyan lambang negara yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Namun, dalam beberapa bulan terakhir terdapat konflik di sekolah yang ada di Indonesia dimana terdapat siswa yang terintimidasi karena perilaku temannya sendiri. SMP Negeri 1 Rambipuji merupakan sekolah yang memiliki keanekaragaman yaitu keragaman agama dan jenis kelamin. Jadi, untuk menghindari konflik yang terjadi pada beberapa bulan yang lalu, maka perlu dilakukan pelaksanaan integrasi nilai multikultural pada pembelajaran PAI dan budi pekerti terutama di SMP Negeri 1 Rambipuji agar siswa dapat memiliki pengetahuan dan dapat menerima segala perbedaan disekitarnya. Fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana integrasi nilai pluralisme pada pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 1 Rambipuji Jember?, (2) Bagaimana integrasi nilai humanisme pada pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 1 Rambipuji Jember?, dan (3) Bagaimana integrasi nilai demokratis pada pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 1 Rambipuji Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan integrasi nilai pluralisme pada pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 1 Rambipuji Jember, (2) Untuk mendeskripsikan integrasi nilai humanisme pada pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 1 Rambipuji Jember, dan (3) Untuk mendeskripsikan integrasi nilai demokratis pada pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 1 Rambipuji Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 1 Rambipuji. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dengan wawancara tak terstruktur, observasi partisipan pasif, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Integrasi nilai pluralisme pada pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 1 Rambipuji yaitu terdapat pada materi sikap terpuji al-Khulafa al-Rasyidin di KD 1.12, 2.12, 3.13, dan 4.12 dan pada materi sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW. periode Madinah di KD 1.11, 2.11, 3.11, dan 4.11, (2) Integrasi nilai humanisme pada pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 1 Rambipuji yaitu dengan membentuk kelompok diskusi, mengadakan lomba Agustusan, pada acara tari Pandhalungan, dan pada hari raya Idul Adha dengan berqurban, dan (3) Integrasi nilai demokratis pada pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 1 Rambipuji yaitu pada saat upacara bendera dan membentuk kelompok diskusi dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:08
Last Modified: 15 Sep 2022 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13164

Actions (login required)

View Item View Item