Optimalisasi Kemampuan Bahasa Melalui Media Gambar Seri pada Kelompok B di Tatbiyatul Athfal Islam Terpadu Al-Ikhlash Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Lestari, Devi Dwi (2020) Optimalisasi Kemampuan Bahasa Melalui Media Gambar Seri pada Kelompok B di Tatbiyatul Athfal Islam Terpadu Al-Ikhlash Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Devi Dwi Lestari_T20165068.pdf - Submitted Version

Download (12MB)

Abstract

Salah satu kemampuan anak usia dini yang mulai berkembang adalah kemampuan bahasa. Media gambar seri memiliki fungsi dan manfaat tertentu sehingga dapat mendukung proses pembelajaran yang berkualitas. Pada kelompok B di TAIT Al-Ikhlas Wuluhan Jember, ditemukan beberapa anak yang kemampuan bahasanya masih belum sesuai dengan tingkat pencapaian perkembangan anak dengan terlihatnya anak dalam bercerita kurang percaya diri, dalam berbicara atau menyampaikan informasi terkadang sulit dimengerti, begitu pula dalam menjawab pertanyaan guru. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan bahasa anak pada kelompok B di TAIT Al-Ikhlas Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana langkah-langkah optimalisasi kemampuan bahasa anak melalui media gambar seri pada kelompok B di TAIT Al-Ikhlas Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana optimalisasi kemampuan bahasa anak melalui media gambar seri pada kelompok B di TAIT Al-Ikhlas Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan bahasa anak pada kelompok B di TAIT Al-Ikhlas Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) Mendeskripsikan langkah-langkah optimalisasi kemampuan bahasa anak melalui media gambar seri pada kelompok B di TAIT Al-Ikhlas Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, 3) Mendeskripsikan optimalisasi kemampuan bahasa anak melalui media gambar seri pada kelompok B di TAIT Al-Ikhlas Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk mengidentifikasi dari permasalahan tersebut, peneliti mengunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian di TAIT Al-Ikhlas Wuluhan Jember pada kelompok B Tahun Pelajaran 2019/2020, dapat disimpulkan: 1) Kemampuan bahasa anak berdasarkan indikator perkembangan sesuai tahapan usia didapatkan hasil: MM 1 anak, BSH 7 anak, dan BSB 4 anak; 2) Langkah-langkah optimalisasi kemampuan bahasa melalui media gambar seri diantaranya: (a) Guru menetapkan tema dan tujuan untuk bercerita, dengan mengaplikasikannya kedalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH); (b) Guru membuat naskah cerita, bertujuan agar jalannya cerita menjadi terstuktur; (c) Guru menyiapkan media yang akan dipergunmakan untuk bercerita yaitu, media gambar seri sebagai penunjang materi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak; (d) Guru mengatur posisi tempat duduk anak. 3) Optimalisasi kemampuan bahasa melalui media gambar seri adalah sebagai berikut: (a) Guru mentukan metode bercerita dan media gambar seri yang akan dipergunakan dalam pembelajaran meningkatkan kemampuan bahasa anak; (b) Guru bercerita dengan menarik perhatian anak, sehingga anak terfokus pada penyampaian cerita yang dibawakan oleh guru; (c) Guru melakukan tanya jawab pada kegiatan selesai bercerita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Sep 2022 07:27
Last Modified: 15 Sep 2022 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13168

Actions (login required)

View Item View Item