Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Media Kartu Huruf Hijaiyah di RA. Miftahul Ulum Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

MAWADDAH, FINA (2020) Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Media Kartu Huruf Hijaiyah di RA. Miftahul Ulum Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FINA MAWADDAH _T20165042.pdf - Submitted Version

Download (28MB)

Abstract

Untuk dapat memahami dan mempelajari Al-Qur`an langkah utamanya adalah mampu membaca Al-Qur`an. Pada dasarnya membaca Al-Qur`an bukanlah sesuatu yang sulit, Alloh Swt telah memberikan jaminan kemudahan dalam membaca Al-Qur`an. Pendidikan membaca permulaan Al-Qur`an penting diajarkan sejak usia dini khususnya usia prasekolah, karena pada usia ini pendidikan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anak serta pembentukan kepribadian, watak dan jiwa manusia. Jika anak sudah diajarkan membaca Al�Qur`an sejak kecil, maka kemungkinan pendidikan Al-Qur`an tersebut akan berpengaruh sampai dewasa kelak. melalui pembinaan keimanan akan dihasilkan kesucian dan etika, sedangkan pembinaan akal akan menghasilkan ilmu. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana Pelaksanaan Membaca Al-Qur’an Dengan Media Kartu Huruf Hijaiyah Di Raudlatul Athfal Miftahul Ulum Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 ? 2. Bagaimana Kemampuan Membaca Al-Qur’an Setelah menggunakan Media Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Di Raudlatul Athfal Miftahul Ulum Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mendiskripsikan Pelaksanaan Membaca Al-Qur’an Dengan Media Kartu Huruf Hijaiyah Di Raudlatul Athfal Miftahul Ulum Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 2. Untuk mendiskripsikan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Setelah menggunakan Media Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Di Raudlatul Athfal Miftahul Ulum Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk menidentifikafikasi permasalahan tersebut Pendekatan Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena lebih menekankan pada proses penggalian data melalui aktifitas terjun langsung ke lapangan dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data adalah : 1. Observasi, 2. Wawancara, 3. Dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1. Penggunaan media permainan kartu huruf hijaiyah siswa dapat belajar lebih aktif, tidak ada kejunuhan tetapi hanya rasa suka yang dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami huruf-huruf arab atau huruf hijaiyah, dan juga membaca Al-Qur’an, 2. Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Media Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Di Raudlatul Athfal Miftahul Ulum Sukorejo Bangsalsari Jember sudah berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan adanya antusias belajar anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Sep 2022 07:27
Last Modified: 15 Sep 2022 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13169

Actions (login required)

View Item View Item