Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Respons dan Pemahaman Siswa Kelas XIPA 1 pada Materi Animalia SMA Satya Dharma Balung Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Media Pembelajaran Crossword Puzzle, respons, pemahaman.

MAULIDIA, RISKA (2020) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Respons dan Pemahaman Siswa Kelas XIPA 1 pada Materi Animalia SMA Satya Dharma Balung Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Media Pembelajaran Crossword Puzzle, respons, pemahaman. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RISKA MAULIDIA_T20158044.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Permainan sebagai sarana atau media pembelajaran dalam bentuk Crossword Puzzle merupakan stimulus unik yang mampu merangsang siswa untuk terlibat aktif semenjak awal proses pembelajaran. Media pembelajaran Crossword Puzzle dipilih karena mampu melibatkan siswa untuk menjawab suatu masalah berupa teka-teki silang. Selain itu penggunaan media pembelajaran Crossword Puzzle memberi kemudahan siswa untuk memahami materi animalia karena mampu meningkatkan penguasaan kosakata yang merupakan pengetahuan faktual atau konsep dasar materi animalia. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah (1) Bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran Crossword Puzzle terhadap respons siswa pada materi animalia kelas X IPA 1 SMA Satya Dharma Balung tahun pelajaran 2018/2019? (2) Adakah pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Crossword Puzzle terhadap pemahaman siswa pada materi animalia kelas X IPA 1 SMA Satya Dharma Balung tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Crossword Puzzle terhadap respons siswa pada materi animalia kelas X IPA 1 SMA Satya Dharma Balung tahun pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Crossword Puzzle terhadap pemahaman siswa pada materi animalia kelas X IPA 1 SMA Satya Dharma Balung tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Populasi meliputi seluruh siswa kelas X IPA 1 SMA Satya Dharma Balung sebanyak 37 siswa. Dan sampling dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data utama yaitu berupa angket, tes, dan teknik pengumpulan data pendukung yaitu berupa dokumentasi. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Data terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitas nya. Setelah melakukan uji validitas dan reliabilitas kemdian melakukan uji prasyarat statistik parametrik yaitu uji normalitas Saphiro Wilk dan uji homogenitas F Levene Test. Pengujian hipotesis yaitu menggunakan uji t berpasangan (Paired Sample t Test). Hasil dari penelitian ini ialah 1) Nilai rata�rata variabel respons siswa sebesar 69 berada pada interval 60 < 69 ≤ 80. 2) Berdasarkan uji hipotesis Paired Sample t Test bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan berdasarkan nilai t bahwa thitung 4,648 > ttabel 2,026 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar animalia pada data pretest dan posttest. Kesimpulan dari penelitian ini ialah (1) Respons siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Crossword Puzzle termasuk dalam kategori baik. (2) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Crossword Puzzle terhadap pemahaman siswa pada materi animalia kelas X IPA 1 SMA Satya Dharma Balung tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Sep 2022 07:27
Last Modified: 15 Sep 2022 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13170

Actions (login required)

View Item View Item