Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media ICT (Information And Comunication Of Technology) Di Sekolah Luar Biasa ABC Semboro Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

MASRUROH, HANDARIATUL (2020) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media ICT (Information And Comunication Of Technology) Di Sekolah Luar Biasa ABC Semboro Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HANDARIATUL MASRUROH_084131336.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama ini masih konvensional dan keterbatasan sumber belajar membawa dampak pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran Pendidikan Agama Islam, maka pemanfaatan pembelajaran ICT (Information and Comunication of Technology) untuk proses pembelajaran sangat baik dan dianjurkan, mengingat pentingnya pendidikan. Penerapan dan pengembangan kurikulum ICT (Information and Comunication of Technology) adalah salah satu langkah strategis dalam menyongsong masa depan pendidikan Indonesia. Hal ini sesuai dengan kebijakan yang ada dalam rencana strategis departemen pendidikan nasional 2005-2006.kurikulum masa depan bukan sekedar mengikuti tren global melainkan merupakan suatu langkah strategis didalam upaya meningkatkan akses dan mutu layanan pendidikan kepada masyarakat. Fokus Penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Pendidikan Agama Islam Melalui Media ICT (Information And Comunication Of Technology) Di Sekolah Luar Biasa ABC Semboro Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media ICT (Information And Comunication Of Technology) Di Sekolah Luar Biasa ABC Semboro Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. tekhik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi tekhik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain:1) Perencanaan pembelajaran pembelajaran PAI melalui ICT di sekolah luar biasa ABC Semboro ini kondisi riilnya didapati bahwa sebelum seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan, semua guru menyiapkan silabus, rpp, media, materi guna untuk mencapai tujuan yang di harapkan. 2). Pelaksanaan pembelajaran pembelajaran PAI melalui ICT di sekolah luar biasa ABC Semboro ini guru sangat kreatif dalam menerapkan metode dan menyampaikan materi dengan menggunakan bahasa yang baik supaya siswa dapat memahami apa yang disampaikan sehingga pembelajaran sangat efektif dan efesien. 3). Evaluasi pembelajaran PAI melalui ICT di sekolah luar biasa ABC Semboro, menggunakan evaluasi penilaian sikap dan unjuk kerja dengan menggunakan metode non tes yakni :a) pengamatan b) portofolio, dari evalaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan pembelajaran pembelajaran PAI melalui ICT di sekolah luar biasa ABC Semboro secara kasat mata telah tercapai, ini terlihat dimana siwa telah mengaplikasikan materi yang didapat dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Sep 2022 07:27
Last Modified: 15 Sep 2022 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13173

Actions (login required)

View Item View Item