Ma’rifatul HoirohPengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar dan Siswa Kelas VII MTs Negeri 8 Jember

Hoiroh, Ma’rifatul (2020) Ma’rifatul HoirohPengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar dan Siswa Kelas VII MTs Negeri 8 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ma’rifatul Hoiroh_T201510017.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Model pembelajaran Games Tournament (TGT) adalah salah satu model pembelajaran Kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsure permainan dan reinforcement. Sedangkan media ular tangga adalah salah satu permainan anak-anak yang terbuat dari papan, dimainkan oleh 2 orang atau lebih , papan permainannya dibagi kotak-kotak kecil, dengan sejumlah gambar “ular” dan “tangga” yang menghubungkan dengan kotak lain, dan dimainkan dengan dadu untuk menentukan berapa langkah yang harus dijalani oleh bidak. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) melalui media ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 8 Jember. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) melalui media ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 8 Jember. Model penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design (desain eksperimen semu). Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design.. Teknik pengumpulan data menggunakan tes formatif, observasi, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) melalui media ular tangga sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 8 Jember dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, memperoleh hasil rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) melalui media ular tangga adalah 74.32 dengan standar deviasi 10.274, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional adalah 54 dengan standar deviasi 14.19. Taraf signifikansi t (tabel) dengan jumlah responden 25 = 2.011 sehingga dapat dilihat signifikansi yang dihasilkan pada uji t dinyatakan bahwa 2.313> 0.05 mempunyai pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 8 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Sep 2022 09:17
Last Modified: 15 Sep 2022 09:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13175

Actions (login required)

View Item View Item