Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Salafiyah Syafi’iyah Ajung Kresek Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

SA’ADAH, NAILA NASIHATUS (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Salafiyah Syafi’iyah Ajung Kresek Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NAILA NASIHATUS SA’ADAH_084 131 460.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Guru yang efektif adalah guru yang mampu membawa siswanya dengan berhasil mencapai tujuan pengajaran. Mengajar di depan kelas merupakan perwujudan interaksi dalam proses komunikasi. Belajar adalah sebuah proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh kemampuan atau kompetensi yang diinginkan. Dalam proses belajar guru menyampaikan pesan berupa ilmu proses komunikasi akan mencapai tujuan apabila kedua belah pihak-pengirim dan penerima dapat memiliki kesamaan pemahaman terhadap pesan dan informasi yang dikomunikasikan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana prestasi belajar akademik siswa di Sekolah Menengah Pertama Salafiyah Syafi’iyah Ajung Kresek Jember Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 2. Bagaimana prestasi belajar nonakademik siswa Sekolah Menengah Pertama Salafiyah Syafi’iyah Ajung Kresek Jember Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak tersruktur, observasi non-participant, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1. Peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi akademik siswa sekolah menengah pertama Salafiyah Syafi’iyah yaitu: a) guru sebagai pendidik dengan cara menjadi teladan yang baik bagi siswanya, b) guru sebagai pengajar dengan cara memberikan pembelajaran yang efektif dan berinovatif, dan c) guru sebagai pembimbing dengan cara membantu siswanya agar dapat menyesuaikan diri di lingkungan belajarnya. Peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi nonakademik siswa sekolah menengah pertama Salafiyah Syafi’iyah yaitu: a) guru sebagai pendidik dengan cara menjadi teladan yang baik bagi siswanya didalam kegiatan ekstrakulikuler BTA, b) guru sebagai pengajar dengan cara memberikan pembelajaran inovatif, dan c) guru sebagai pembimbing dengan cara membantu siswanya yang mengalami kesulitan pada kegiatan ekstrakulikuler BTA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Sep 2022 09:17
Last Modified: 15 Sep 2022 09:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13176

Actions (login required)

View Item View Item