Implementasi Pendidikan Akhlak untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ulul Albab Mangli Jember Tahun Ajaran 2019/2020

ROFIAH, RENDA NUR (2020) Implementasi Pendidikan Akhlak untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ulul Albab Mangli Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RENDA NUR ROFIAH_T20165020.pdf - Submitted Version

Download (87MB)

Abstract

Pendidikan akhlak diartikan sebagai usaha yang dilakukan pendidik kepada anak didik dalam upaya pembinaan nilai-nilai akhlak yang luhur, baik terhadap Allah SWT, manusia, maupun lingkungan melalui latihan mengenai akhlak baik bersifat formal maupun informal yang didasarkan pada ajaran-ajaran Islam. Fokus penelitian ini adalah (1)Bagaimana perencanaan pendidikan akhlak untuk meningkatkan kecerdasan spiritual pada anak usia 4-5 tahun di RA Ulul Albab Mangli, Jember ?(2)Bagaimana pelaksanaan pendidikan akhlak untuk meningkatkan kecerdasan spiritual pada anak usia 4-5 tahun di RA Ulul Albab Mangli, Jember?(3)Bagaimana evaluasi pendidikan akhlak untuk meningkatkan kecerdasan spiritual pada anak usia 4-5 tahun di RA Ulul Albab Mangli, Jember? Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan perencanaan pendidikan akhlak pada anak usia 4-5 tahun di RA Ulul Albab Mangli, Jember. (2) menjelaskan pelaksanaan pendidikan akhlak pada anak usia 4-5 tahun di RA Ulul Albab Mangli, Jember. (3) menjelaskan evaluasi pendidikan akhlak pada anak usia 4-5 tahun di RA Ulul Albab Mangli, Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini : (1) perencanaan pendidikan akhlak untuk meningkatkan kecerdasan spiritual pada anak usia 4-5 tahun di RA Ulul Albab Mangli, Jember yaitu melalui penyusunan Prota, Prosem, dan materi pembelajaran sesuai kurikulum 2013.(2) pelaksanaan pendidikan akhlak untuk meningkatkan kecerdasan spiritual pada anak usia 4-5 tahun di RA Ulul Albab Mangli Jember menggunakan tiga cara. Pertama, ketauladanan. Kedua, pembelajaran. Ketiga, pembiasaan.(3) evaluasi pendidikan akhlak untuk meningkatkan kecerdasan spiritual pada anak usia 4-5 tahun melalui lembar penilaian berupa ceklist dan catatan anekdot serta buku monitoring anak untuk menjaga komunikasi sekolah dengan wali murid. Melalui media tersebut, dapat diketahui bahwa penerapan pendidikan akhlak di RA Ulul Albab Mangli Jember cukup efektif karena sikap yang ditunjukkan oleh peserta didik sesuai dengan Standart Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) Usia 4-5 Tahun di aspek perkembangan Nilai Agama dan Moral (NAM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Sep 2022 09:17
Last Modified: 15 Sep 2022 09:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13177

Actions (login required)

View Item View Item