Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan Lari Estafet pada anak Usia Dini kelompok B usia 5-6 tahun di Raudlotul Athfal An Najah Sumber Bulus Ledokombo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2019/2020

SHOLIHAH ED, IMRO’ATUS (2020) Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan Lari Estafet pada anak Usia Dini kelompok B usia 5-6 tahun di Raudlotul Athfal An Najah Sumber Bulus Ledokombo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IMRO’ATUS SHOLIHAH ED_T20165088.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan kemampuan anak usia dini yang sedang berkembang di RA An Najah adalah kemampuan motorik kasar belum berkembang secara optimal misalnya dapat dilihat dengan adanya senam irama, bermain bowlling yang harus dibantu guru, melempar bola, sehingga guru mengambil langkah dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan lari estafet. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan lari estafet pada kelompok B usia 5-6 tahun RA An Najah Sumber Bulus Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?. 2) Bagaimana upaya Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan berlari dengan rintangan pada kelompok B usia 5-6 tahun RA An Najah Sumber Bulus Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan lari estafet pada kelompok B usia 5-6 tahun RA An Najah Sumber Bulus Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 2)Mendeskripsikan Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan berlari dengan rintangan pada kelompok B usia 5-6 tahun RA An Najah Sumber Bulus Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif dengan lokasi peneliatian RA An Najah Ledokombo Kabuaten Jember, Penentuan informan menggunakan Purposive, Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian adalah observasi non participan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi tekhnik dan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan lari estafet anak usia 5-6 tahun pada kelompok B RA An Najah Sumber Bulus Ledokombo Kabupaten Jember, yaitu dengan kegiatan lari estafet dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak dikarenakan kegiatan lari estafet merupakan kegiatan yang mampu memberikan rangsangan dan stimulus kepada anak didik kelompok B di RA An Najah Ledok Ombo Kabupaten Jember. Sehingga dengan demikian anak didik mampu bermain serta merangsang ide- ide dan imajinasi kreativ anak usia dini. 2) Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan berlari dengan rintangan anak usia 5-6 tahun pada kelompok B RA An Najah Sumber Bulus Ledok Ombo Kabupaten Jember, yaitu kegiatan berlari dengan rintangan dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar dengan sendirinya akan menciptakan kreativitas dalam melintasi rintangan, anak usia dini pada kelompok B di RA An Najah Jember dapat mengembangakn kreativitas anak usia dini dikarenakan guru menggunakan kegiatan berlari dengan rintangan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar dengan memodifikasi dengan berlari,melompat menggunakan rintangan sehingga anak merasa senang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Sep 2022 09:17
Last Modified: 15 Sep 2022 09:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13178

Actions (login required)

View Item View Item