Mengembangkan Kecerdasan Naturalistik Melalui Kegiatan Berkebun Pada Kelompok B di TK SinarNyata III PerumGriyaMangli Indah Jember.

Rohmah, Ainur (2020) Mengembangkan Kecerdasan Naturalistik Melalui Kegiatan Berkebun Pada Kelompok B di TK SinarNyata III PerumGriyaMangli Indah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ainur Rohmah_T20165030.pdf - Submitted Version

Download (56MB)

Abstract

Mengembangkan Kecerdasan Naturalistik Melalui Kegiatan Berkebun Pada Kelompok B di TK SinarNyata III PerumGriyaMangli Indah Jember.Kecerdasan naturalistic merupakan kemampuan merasakan bentukbentuk serta menghubungkan benda-benda yang ada di alam, Penelitian ini bertujuan agar anak memiliki kecintaan terhadap alam dan lingkungan sekolahnya. Dengan mempunyai bekal memiliki kecintaan merawat alam sekitar dan menjaga lingkungan sekolah, anak dapat mengetahui bagian-bagian tanaman, merawat tanaman dengan baik, melatih kesabaran, percaya diri dan bertanggung jawab, anak dapat merasakan pembelajaran yang nyata. Penelitian ini terdiri dari dua fokus penelitian: 1) Bagaimana penerapan kegiatan berkebun pada kelompok B di TK Sinar Nyata III Perum Griya Mangli Indah Jember?.2) Bagaimana pengembangan kecerdasan naturalistik pada kelompok B di TK Sinar Nyata III Perum Griya Mangli Indah Jember? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan kegiatan berkebun pada kelompok B di TK Sinar Nyata III Perum Griya Mangli Indah Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pengembangan kecerdasan naturalistik pada kelompok B di TK SinarNyata III Perum Griya Mangli Indah Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan lokasi penelitian di TK Sinar Nyata III Perum Griya Mangli Indah Jember, jenis penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, interview/ wawancara, dokumentasi. Sedangkan metode analisis data deskriptif kualitatif dimulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari fokus penelitian adalah sebagai berikut: 1) Penerapan kegiatan berkebun pada kelompok B di TK Sinar Nyata III Perum Griya Mangli Indah Jember, diantaranya yakni dengan kegiatan:1) Bercakap-cakap tentang tanaman. 2) Mengenalkan tanaman sayuran cabe, tomat, dan kemangi.3) Mengenalkan contoh konkrit hasil dari tanaman. 4) Mengkolase gambar sayur tomat dan cabe.2) Pengembangan kecerdasan naturalistik pada kelompok B di TK Sinar Nyata III Perum Griya Mangli Indah Jember, didalam kegiatan berkebun ini anak di ajak dalam beberapa kegiatan yang dilakukan diluar kelas. Kegiatan didalam berkebun yakni antara lain: 1) Bermain sambil mengamati apa yang ada di sekitar halaman sekolah, 2) Berkebun dengan cara menanam bibit biji sayuran tomat, cabe, kemangi, terong, 3) Merawat dan menyirami bibit biji yang sudah ditanam, 4) Mengajak anak mengamati berbagai macam sayuran dan memetik buah pepaya di kebun Jubung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 19 Sep 2022 00:52
Last Modified: 19 Sep 2022 00:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13181

Actions (login required)

View Item View Item