Penerapan Pembelajaran Kooperati Tipe STAD (Student Team Achivement Division) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bahrul Ulum Desa Patemon Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/ 2020

SULAIHA, SITI (2020) Penerapan Pembelajaran Kooperati Tipe STAD (Student Team Achivement Division) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bahrul Ulum Desa Patemon Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI SULAIHA_T20164076.pdf - Submitted Version

Download (29MB)

Abstract

Penerapan Pembelajaran Kooperati Tipe STAD (Student Team Achivement Division) Dalam MeningDalam proses pembelajaran yang konvensional lebih cenderung menghasilkan pembelajaran yang monoton bagi peserta didik apalagi pembelajaran matematika. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada kenyataannya sering kali kurang memberikan kreativitas peserta didik yang maksimal, sehingga pada ahirnya peserta didik kehilangan konsentrasi, merasa bosan pada saat pembelajaran. Hal tersebut sangat berpengaruh pada prestasi belajar peserta didik. Kegiatan diskusi juga kurang memaksimalkan partisipasi teman, sehingga siswa lain terdominasi dan sulit untuk mengemukakan pendapatnya didepan teman-temannya. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan proses pembelajaran yang lebih menarik, inovatif, kreatif dan interaktif. Satu-satunya caranya adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Division). Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan proses evaluasi pembelajaran STAD (Student Team Achivement Division) di MI Bahrul Ulum Patemon Tanggul. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan proses evaluasi pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Division). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang didukung dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan tes dengan jenis penelitan adalah deskprif. Purposive sampling yang digunakan adalah pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Untuk menganalisis data menggunakan teori Miles Huberman dan Saldana, yaitu dengan kondensasi, penyajian dta dan penarikan kesimpulan. Berasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Division) dapat meningkatkan prestasi siwa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Patemon. Prestasi siswa menunjukkan peningkatan dibandingkan sebelum diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Division). Sebelum diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Division) prestasi siwa 70% nilainya dibawah KKM, sedangkan setelah guru mulai menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Division) prestasi siwa 50% diatas KKM. Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Division) yang diterapkan oleh guru membuat kelas lebih efektif, tidak monotan bahkan bisa menumbukan semangat belajar siswa sehingga yang sebelumnya siswa tidak semangat menjadi aktiv dalam mengikuti proses pembelajarn.katkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bahrul Ulum Desa Patemon Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/ 2020

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 19 Sep 2022 00:51
Last Modified: 19 Sep 2022 00:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13188

Actions (login required)

View Item View Item