Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B (Kelas nanas) di Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember.

VIANA, RIA OCTA (2020) Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B (Kelas nanas) di Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIA OCTA VIANA_T20165021.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran gerak dan lagu merupakan suatu cara yang dilakukan guru atau pendidik dalam menyajikan materi pembelajaran dalam tema. Hal tersebut memudahkan peserta didik dalam mengingat tema dalam pembelajaran. RA Ulul Albab ini sudah melakukan program pembelajaran gerak dan lagu untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak terutama dikelompok B, berbicara tentang kecerdasan kinestetik anak, kinestetik merupakan kemampuan seseorang untuk menggunakan seluruh tubuh atau fisiknya untuk engekspresikan ide dan perasaannya, di kelompok B Ra Ulul Albab usia anak sudah dapat melakukan fisik morotik kasar dan morotik harus secara baik, karena anak usia Kelompok B sudah dapat melompat, menari,dan berlari dengan lincah beda dengan kelompok A. Dalam hal ini terdapat tiga isu utama yang menjadi fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana perencanaan kegiatan pembelajaran Gerak dan lagu anak untuk meningkatkan kecerdasan Kinestetik di kelompok B (Kelas Nanas) RA Ulul Albab Bumi Mangli Tahun ajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran Gerak dan lagu anak untuk meningkatkan kecerdasan Kinestetik di kelompok B (Kelas Nanas) RA Ulul Albab Bumi Mangli Tahun ajaran 2019/2020? 3) Bagaimana Evaluasi kegiatan pembelajaran Gerak dan lagu anak untuk meningkatkan kecerdasan Kinestetik di kelompok B (Kelas Nanas) RA Ulul Albab Perum Bumi Mangli Tahun ajaran 2019/2020? Fokus penelitian tersebut sekaligus menjawab tujuan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan kegiatan pembelajaran Gerak dan lagu anak untuk meningkatkan kecerdasan Kinestetik di kelompok B (Kelas Nanas) RA Ulul Albab Bumi Mangli Tahun ajaran 2019/2020. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran Gerak dan lagu anak untuk meningkatkan kecerdasan Kinestetik di kelompok B (Kelas Nanas) RA Ulul Albab Bumi Mangli Tahun ajaran 2019/2020. 3) Mendeskripsikan Evaluasi kegiatan pembelajaran Gerak dan lagu anak untuk meningkatkan kecerdasan Kinestetik di kelompok B (Kelas Nanas) RA Ulul Albab Perum Bumi Mangli Tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus. Penelitian ini dilakukan menggunakan, wawancara Online dan dokumentasi sebagai teknik mengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan 1) perencanaan pembelajaran gerak dan lagu untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik kelompok B kelas nanas dengan mengadakan Rapat Kerja (RAKER) yang sudah diprogramkan diawal sebelum pembelajaran berlangsung untuk membahas PROTA,PROSEM,RPPM, dan RPPH, dan tema, model, media apa yang tepat untuk dilakukan dalam pembelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran gerak dan lagu, guru melakukan tiga pelaksanaan yaitu pembukaan, inti, penutup. 3) evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan, ceklis, dan hasil karya , dengan melihat perkembangan dan kemajuan yang dicapai individual siswa dikelas nanas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 19 Sep 2022 00:50
Last Modified: 19 Sep 2022 00:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13190

Actions (login required)

View Item View Item