Analisis SWOT dan QSPM dalam Strategi Pengembangan BMT UGT Sidogiri Capem Rambipuji

Wijayanti, Erica Octarina (2020) Analisis SWOT dan QSPM dalam Strategi Pengembangan BMT UGT Sidogiri Capem Rambipuji. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Erica Octarina Wijayanti_E20151224.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Berkembangnya lembaga keuangan baik bank maupun non bank di kota Jember, menyebabkan suatu perusahaan harus mengembangkan dengan berbagai alternatif strategi yang mampu menarik minat nasabah dan dianggap mampu menghadapi persaingan dengan lembaga keuangan lainnya. Hal ini juga menjadi sebuah permasalahan serius bagi BMT, dengan semakin ketatnya persaingan dalam memperebutkan pasar, membuat setiap lembaga harus melakukan evaluasi diri terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaannya agar mampu bersaing dengan menentukan strategi yang tepat dan sesuai untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana analisis QSPM dalam strategi pengembangan BMT UGT Sidogiri dan analisis SWOT dalam strategi pengembangan BMT UGT Sidogiri Capem Rambipuji Tujuan Penelitian Untuk merumuskan strategi perusahaan yang sesuai dengan kondisi internal dan eksternal perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Sedangkan teknik penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data, yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dan untuk validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa berdasarkan matriks IFE kekuatan yang paling menonjol adalah brand dari “Sidogiri” itu sendiri yaitu memiliki skor 0,608, kelemahan yang paling kuat yaitu faktor pelayanan dan tidak ada batasan umur untuk pekerja yaitu sama-sama memiliki skor 0,228, untuk hasil matriks EFE peluang yang kuat yaitu faktor masyarakat yang cenderung malas memiliki skor 0,584, ancaman yang memiliki skor tinggi yaitu faktor persaingan dengan skor 0,68. Matriks IE menunjukkan bahwa posisi BMT UGT Sidogiri Capem Rambipuji berada pada posisi kuadran V. Hasil dari analisis SWOT dihasilkan 8 alternatif strategi, dan hasil dari matriks QSPM didapatkan strategi prioritas yang bisa digunakan yaitu dengan strategi Penetrasi pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 19 Sep 2022 00:50
Last Modified: 19 Sep 2022 00:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13192

Actions (login required)

View Item View Item