Analisis Pengaruh biaya transaksi terhadap minat nasabah mengambil pembiayaan mudharabah di BMT UGT Sidogiri Capem Bantaran.

Hidayati, Alifatur Rohmah (2019) Analisis Pengaruh biaya transaksi terhadap minat nasabah mengambil pembiayaan mudharabah di BMT UGT Sidogiri Capem Bantaran. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alifatur Rohmah Hidayati_E20151030.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Perekonomian rakyat merupakan sorotan penting di negeri ini yang membutuhkan solusi di setiap permasalahannya. Salah satu cara untuk menjawab permasalahan akan krisis yang mendera yakni dengan memfokuskan diri pada sector riil masyarakat dan perekonomian rakyat. Dengan demikian maka dibutuhkan hadirnya lembaga yang dapat mengakomodasi antar pihak pemilik dana dan pihak yang membutuhkan dana agar perekonomian rakyat dapat berjalan dengan baik. Dewasa ini, BMT menjadi lembaga keuangan yang sangat dibutuhkan sebagai pembantu dalam hal permodalan, terutama bagi masyarakat Indonesia lapisan bawah untuk dapat mengembangkan ekonomi. Karena padadasarnya BMT adalah pengembangan bidang keuangan dari konsep ekonomi Islam. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) apakah ada pengaruh signifikan biaya mencari informasi terhadap minat nasabah dalam mengambil pembiayaan mudharabah di BMT UGT Sidogiri Capem Bantaran? (2) apakah ada pengaruh signifikan biaya administrasi terhadap minat nasabah dalam mengambil pembiayaan mudharabah di BMT UGT Sidogiri Capem Bantaran? (3) apakah ada pengaruh signifikan biaya monitoring terhadap minat nasabah dalam mengambil pembiayaan mudharabah di BMT UGT Sidogiri Capem Bantaran? (4) apakah ada pengaruh signifikan biaya mencari informasi, biaya administrasi dan biaya monitoring terhadap minat nasabah dalam mengambil pembiayaan mudharabah di BMT UGT Sidogiri Capem Bantaran secara simultan? Penelitian ini bertujuan untuk(1) Untuk mengetahui pengaruh signifikan biaya mencari informasi terhadap minat nasabah dalam mengambil pembiayaan mudharabah di BMT UGT Sidogiri Capem Bantaran (2) Untuk mengetahui pengaruh signifikan biaya administrasi terhadap minat nasabah dalam mengambil pembiayaan mudharabah di BMT UGT Sidogiri Capem Bantaran (3) Untuk mengetahui pengaruh signifikan biaya monitoring terhadap minat nasabah dalam mengambil pembiayaan mudharabah di BMT UGT Sidogiri Capem Bantaran (4) Untuk mengetahui pengaruh signifikan biaya mencari informasi, biaya administrasi dan biaya monitoring terhadap minat nasabah dalam mengambil pembiayaan mudharabah di BMT UGT Sidogiri Capem Bantaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 75 orang nasabah BMT UGT Sidogiri Capem Bantaran dengan menggunakan teknik Skala Likert .Data yang digunakan adalah data primer berdasarkan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel biaya mencari informasi, biaya administrasi, biaya monitoring secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah mengambil pembiayaan mudharabah di BMT UGT Sidogiri Capem Bantaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 19 Sep 2022 06:49
Last Modified: 19 Sep 2022 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13208

Actions (login required)

View Item View Item