ANALISIS REGULASI SUKUK NEGARA DI INDONESIA

ZAINUDIN, ZAINUDIN (2022) ANALISIS REGULASI SUKUK NEGARA DI INDONESIA. Undergraduate thesis, UIN KHAS KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
zainuddin fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
ZAINUDIN, 2022: ANALISIS REGULASI SUKUK DI INDONESIA
Penelitian ini membahas sukuk Negara di Indonesia yang mana Sukuk merupakan bentuk jamak dari kata tunggalnya shakk yang dapat diartikan dokumen, instrumen kontrak , piagam, akte, sertifikat, dan yang seumpamanya. Dengan demikian Obligasi syariah atau sukuk pada dasarnya adalah efek syariah berupa sertifikat atau bukti kepemilikan yang bernilai sama dan mewakili bagian yang tidak tertentu (tidak terpisahkan atau tidak terbagi atas, aset berwujud tertentu, manfaat atas aset berwujud tertentu baik yang sudah ada maupun yang akan ada, jasa yang sudah ada maupun yang akan ada, aset proyek tertentu atau kegiatan investasi yang telah ditentukan).
Focus masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana regulasi sukuk Negara di indonesia? 2). Bagaimana Mekanisme Regulasi Sukuk Negara di Indonesia?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis regulasi sukuk Negara di Indonesia 2). Bagaimana mekanisme regulasi sukuk Negara di Indonesia.
Metode penelitian yang bersifat kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan yuridis normative, yaitu dengan memahami pengertian regulasi sukuk yang ada di indonesia, dan regulasi tentang mekanisme sukuk di Indonesia.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Sukuk atau obligasi syariah adalah surat berharga yang merupakan bukti kepemilikan (claim) atas aset, baik itu berupa tangible, intangible ataupun kontrak proyek dari aktifitas tertentu yang mewajibkan emiten membayar pendapatan bagi hasil kepada pemegang Sukuk dan membayar kembali Sukuk sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang sudah disepakati. Dan dalam kegiatan mulai dari transaksi dikeluarkannya surat berharga tersebut sampai kepada aktivitas penyerahan hasil harus sesuai dengan prinsip syariah.

Kata Kunci: Analisis, Regulasi, Sukuk Negara di Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr zainudin zay
Date Deposited: 19 Sep 2022 07:21
Last Modified: 19 Sep 2022 07:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13209

Actions (login required)

View Item View Item