Pengaruh Pola Sumber Pendapatan Nasabah dan Faktor Eksternal Harga Emas terhadap Minat Nasabah dalam Melakukan Transaksi Produk MULIA di Pegadaian Syariah Jember.

ROSIDAH, YUSROTUL (2019) Pengaruh Pola Sumber Pendapatan Nasabah dan Faktor Eksternal Harga Emas terhadap Minat Nasabah dalam Melakukan Transaksi Produk MULIA di Pegadaian Syariah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YUSROTUL ROSIDAH_E20151003.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Pegadaian Syariah adalah salah satu unit bisnis dari PT Pegadaian (Persero) yang pada awalanya bernama Unit Layanan Gadai Syariah (ULGS), dan dibentuk pada bulan Januari 2003. Pegadaian Syariah memiliki keistimewaan yaitu proses cepat, caranya mudah, jaminan atas keamanan barang, pinjaman yang optimum. Hadirnya PT. Pegadaian (Persero) syariah bertugas menyalurkan pembiyaan kepada masyarakat yang membutuhkan berdasarkan hukum gadai syariah dengan fatwa Dewan Syariah Nasional No. 25/DSN.MUI/III/2002 tanggal 26 Juni 2002. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: (1) Apakah ada pengaruh pola sumber pendapatan nasabah terhadap minat nasabah dalam melakukan transaksi produk MULIA di Pegdaian Syariah Jember? (2) Apakah ada pengaruh faktor eksternal harga emas terhadap minat nasabah dalam melakukan transaksi produk MULIA di Pegadaian Syariah Jember? (3) Apakah ada pengaruh pola sumber pendapatan nasabah dan faktor eksternal harga emas terhadap minat nasabah dalam melakukan transaksi produk MULIA di Pegadian Syariah Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh pola sumber pendapatan nasabah terhadap minat nasabah dalam melakukan transaksi produk MULIA di Pegdaian Syariah Jember. (2) Untuk mengetahui pengaruh faktor eksternal harga emas terhadap minat nasabah dalam melakukan transaksi produk MULIA di Pegadaian Syariah Jember. (3) Untuk mengetahui pengaruh pola sumber pendapatan nasabah dan faktor eksternal harga emas terhadap minat nasabah dalam melakukan transaksi produk MULIA di Pegadian Syariah Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu seluruh nasabah yang melakukan transaksi produk MULIA di Pegadaian Syariah Jember pada tahun 2018 sebanyak 32 nasabah dengan menggunakan sampling jenuh. Alat analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi (R2) dengan bantuan program SPSS Statistics Versi 22. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel pola sumber pendapatan berpengaruh positif atau signifikan terhadap minat nasabah dalam melakukan transaksi produk MULIA di Pegadaian Syariah Jember dengan nilai thitung 2,140 > ttabel 2,045 sedangkan tingkat signifikansi 0,041 < 0,05, dan variabel faktor eksternal harga emas berpengaruh positif atau signifikan terhadap minat nasabah dalam melakukan transaksi produk MULIA di Pegadaian Syariah Jember dengan nilai thitung 8,219 > ttabel 2,045 sedangkan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan secara simultan variabel pola sumber pendapatan nasabah dan faktor eksternal harga emas berpengaruh positif atau signifikan terhadap minat nasabah dalam melakukan transaksi produk MULIA di Pegadaian Syariah Jember dengan nilai Fhitung sebesar 499,383 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 19 Sep 2022 06:49
Last Modified: 19 Sep 2022 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13210

Actions (login required)

View Item View Item