Implementasi Strategi Pengembangan Produk Tabungan di Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) UGT Sidogiri Capem Rambipuji Kabupaten Jember

Faidah, Anik Nur (2019) Implementasi Strategi Pengembangan Produk Tabungan di Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) UGT Sidogiri Capem Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anik Nur Faidah_E20151056.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Baitul Maal wa Tamwil (BMT) merupakan lembaga keuangan syariah yang berfungsi menghimpun dan menyalurkan dana kepada anggotanya dan biasanya beroperasi dalam skala mikro. BMT yang telah bekembang saat ini adalah BMT UGT Sidogiri yang telah berdiri pada tahun 1421 H atau 2000 M dan telah memiliki 300 kantor cabang. Salah satu cabang yang berada di Kabupaten Jember yang telah berkembang ialah BMT UGT Sidogiri Capem Rambipuji. BMT ini menerapkan strategi yang tepat untuk menawarkan produknya terutama produk tabungan agar semakin banyak yang bergabung menjadi nasabah di BMT Sidogiri Capem Rambipuji. Fokus penelitian dalam skripsi ini ada dua diantaranya: 1) Bagaimana implementasi strategi yang dilakukan oleh BMT Sidogiri Capem Rambipuji dalam pengembangan produk tabungan? 2) Apa faktor penunjang dan penghambat BMT Sidogiri Capem Rambipuji dalam implementasi strategi pengembangan produk tabungan. Tujuan penelitian dalam skripsi ini: 1) Mengetahui implementasi strategi yang digunakan BMT Sidogiri Capem Rambipuji untuk pengembangan produk tabungan. 2) Mengetahui faktor penunjang dan penghambat BMT Sidogiri Capem Rambipuji dalam implementasi strategi pengembangan produk tabungan. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Strategi pengembangan produkproduk BMT Sidogiri Capem Rambipuji dimulai dengan langkah awal identifikasi masalah kebutuhan dan keinginan nasabah terhadap pelayanan, memodifikasi produk sesuai dengan kondisi dan kebutuhan nasabah, memanfaatkan peluang lokasi yang strategis, strategi promosi serta pelayanan jemput bola. 2) Faktorfaktor penunjang BMT Sidogiri Capem Rambipuji dalam menerapkan strategi pengembangan produk yaitu profesionalitas karyawan, lokasi kantor yang strategis, dapat menciptakan suasana kekeluargaan, kondisi ekonomi masyarakat, produk layanan sesuai dengan kebutuhan dan dapat membantu masyarakat, penerapan komputer berbasis online sedangkan faktor-faktor penghambat tidak adanya ATM, banyaknya pesaing, dan trauma masyarakat terhadap koperasi atau lembaga keuangan mikro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 19 Sep 2022 07:07
Last Modified: 19 Sep 2022 07:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13218

Actions (login required)

View Item View Item