QOH, ROFI (2019) Analisis Mekanisme dan Strategi Penjualan pada Produk MULIA Arisan di Pegadaian Syariah Cabang A. Yani Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
ROFIQOH_083143253.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Salah satu produk yang terdapat pada Pegadaian Syariah Cabang A. Yani Jember adalah MULIA Arisan yang merupakan layanan investasi emas batangan dengan cara angsuran untuk kelompok arisan. Akad yang digunakan adalah akad murabahah dan akad rahn. Fokus masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana mekanisme pada produk MULIA Arisan di Pegadaian Syariah Cabang A. Yani Jember? 2) Bagaimana strategi yang digunakan Pegadaian Syariah Cabang A. Yani Jember untuk meningkatkan penjualan produk MULIA Arisan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme produk MULIA Arisan di Pegadaian Syariah Cabang A. Yani Jember dan juga strategi yang digunakan Pegadaian Syariah Cabang A. Yani Jember untuk meningkatkan penjualan produk MULIA Arisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tehnik triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang di lakukan, maka dapat di simpulkan, 1) mekanisme pada produk MULIA Arisan di Pegadaian Syariah Cabang A. Yani Jember yaitu menggunakan akad Murabahah dan akad rahn. Praktik akad murabahah yang terdapat pada produk MULIA Arisan yaitu pihak Pegadaian Syariah memberitahukan harga pokok emas yang sudah ditentukan diawal dan kemudian Pegadaian Syariah mengambil margin (keuntungan) sesuai dengan kesepakatan antara penjual kepada pembeli. 2) Strategi yang digunakan Pegadaian Syariah Cabang A. Yani Jember untuk meningkatkan penjualan produk MULIA Arisan yaitu dengan cara melakukan sebar brosur terjun langsung ke lapangan seperti pasar, masuk ke tempat komunitas-komunitas, masuk ke lembaga pendidikan, dan juga menggunakan strategi pemasaran internet atau pemasaran elektronik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 07:28 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 07:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13225 |
Actions (login required)
View Item |