Underlying Transaction dan Wanprestasi Nasabah Pada Produk Multiguna Tanpa Agunan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kaliwates.

JANNAH, ROUDATUL (2020) Underlying Transaction dan Wanprestasi Nasabah Pada Produk Multiguna Tanpa Agunan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kaliwates. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ROUDATUL JANNAH_E20151026.pdf - Submitted Version

Download (71MB)

Abstract

Lembaga keuangan syariah seperti di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembant Kaliwates harus ada Underlying Transaction yang jelas sehingga sehingga uang tidak boleh mendatangkan keuntungan dengan sendirinya tanpa ada alas transaksi. Seperti jual beli menimbulkan margin, sewa-menyewa yang akan menimbulkan fee dan penyertaan modal yang akan memperoleh bagi hasil. BMT UGT Sidogiri ini menerapkan produk multiguna tanpa agunan yang membantu kebutuhan masyarakat dengan mudah tanpa harus adanya persyaratan penyerah agunan. Produk ini menggunakan pembiayaan murabahah. Meskipun sudah tidak menyerahkan agunan banyak nasabah yang cidera janji/macet/wanprestasi karena tidak menggunakan dana pembiayaan dengan perjanjian yang disepakati sebelumnya, baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Terjadinya wanprestasi pada produk multiguna tanpa agunan pembiayaan murabahah berdampak negative, karena dana pembiayaan tidaj digunakan dengan semestinya dan memungkinkan nasabah akan menyalahgunakan dana produk-produk pembiayaan yang lain. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: a) Bagaimana Underlying Transaction di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kaliwates? b) Bagaimana wanprestasi nasabah pada produk multiguna tanpa agunan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kaliwates? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: a) Mengetahui underlying transaction yang dilakukan oleh pihak BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kaliwates b) Mengetahui wanprestasi nasabah pada produk multiguna tanpa agunan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kaliwates. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan doumentasi. Hasil penelitian ini adalah: a) Underlying Transaction yang dilakukan pihak BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kaliwates yaitu keuntungan yang didapat menggunakan akad atau transaksi murabahah, keuntungan yang didapat atas kesepakatan kedua belah pihak. b) produk multiguna tanpa agunan banyak nasabah yang cidera janji atau macet, meskipun produk multiguna tanpa agunan tidak menyerahkan agunan kepada pihak BMT tetapi masih banyak yang cidera janji atau macet yaitu sebanyak 51 jiwa atau 57,95%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:20
Last Modified: 20 Sep 2022 01:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13226

Actions (login required)

View Item View Item