Analisis Perilaku Nasabah Dalam Memutuskan Menggunakan Produk Kredit Cepat Aman (KCA) Prima Di PT Pegadaian UPC Mangli

HADI PUTRA, BAYU PRATAMA (2019) Analisis Perilaku Nasabah Dalam Memutuskan Menggunakan Produk Kredit Cepat Aman (KCA) Prima Di PT Pegadaian UPC Mangli. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Bayu Pratama Hadi Putra_E20151145.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Perilaku nasabah sangatlah penting dalam memutuskan penggunaan produk (KCA) Prima, disamping itu terdapat beberapa factor yang meliputi Budaya, Sosial Dan pribadi yang menentukan nasabah dalam menggunakan produk. Penelitian ini memfokuskan bagaiamana perilaku nasabah dalam memutuskan penggunaan produk kredit cepat aman (KCA) Prima di PT Pegadaian UPC Mangli. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perilaku nasabah dalam memutuskan penggunaan produk kredit cepat aman (KCA) Prima di PT Pegadaian UPC Mangli. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif Diskriptif. Pengumpulan datanya meliputi: metode observasi,wawancara dan dokumentasi. Metode informannya menggunakan purposive. Adapun analisis datanya menggunakan analisis teskriptif. Keabsahan datanya menggunakan trianggulasi sumber. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa; Aalisis perilaku nasabah dalam memutuskan menggunakan produk kredit cepat aman (KCA) Prima di PT Pegadaian UPC Mangli, Perilaku nasabah adalah studi tentang bagaimana individu atau kelompok serta organisasi memilih, membeli, menggunakan, serta bagaimana barang, jasa, ide serta pengalaman dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan yang terdiri dari tiga faktor budaya, sosial dan pribadi. Perilaku nabah sangatlah penting dalam memutuskan penggunaan produk kredit cepat aman (KCA) Prima, karena setiap individu atau perorangan tidak semuanya sama, Sesuai hasil temuan yang dilakukan peneliti bahwasanya meliputi tiga faktor yaitu kebudayaan, sosial dan pribadi. Jadi untuk faktor budaya, masyarakat khususnya nasabah tidak semerta-merta langsung tertuju kepada pegadaian, karena budaya mereka tidak seharusnya seperti itu, melainkan mencari informasi terlebh dahulu. Disamping itu faktor sosial juga sangat berpengaruh, nasabah yang menggunakan produk kredit cepat aman (KCA) Prima terlebih dahulu mencari informasi terlebih dahulu melalui: Kerabat dekat diantaranya saudara, sepupu dan lain sebagianya, Tetangga,Teman kuliah, Penyebaran brosur yang dilakukan pegadaian ke berbagai rumah-rumah warga, tempat kos bahkan sampai ke pasar tradisional, seperti pasar mangli dan lain sebagainya. Keinginan pribadi untuk penggunaan produk tersebut sesuai dengan kebutuhan nasabah itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:20
Last Modified: 20 Sep 2022 01:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13230

Actions (login required)

View Item View Item