Pengaruh Jumlah Kredit Yang Diberikan dan Jumlah Biaya Operasional Terhadap Tingkat Pertumbuhan Laba Bersih Pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Tahun 2013-2017.

AINURROHMAH, SILVI (2019) Pengaruh Jumlah Kredit Yang Diberikan dan Jumlah Biaya Operasional Terhadap Tingkat Pertumbuhan Laba Bersih Pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Tahun 2013-2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SILVI AINURROHMAH_E20151172.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Bank secara umum merupakan salah satu lembaga yang berperan sebagai perantara keuangan antara pihak-pihak yang memerlukan dana dengan pihakpihak yang memiliki kelebihan dana. Kredit juga merupakan salah satu faktor guna meningkatkan laba perusahaan. Hal ini dikarenakan kredit bisa menjadi sumber pendapatan utama bagi bank. Selain pemberian kredit, biaya juga merupakan faktor penting dalam setiap perusahaan. Seperti halnya biaya operasional yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menjalakan aktivitas perusahaan guna mencapai tujuan perusahaan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah jumlah kredit yang diberikan berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pertumbuhan laba bersih pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Tahun 2013-2017?, 2) Apakah jumlah biaya operasional berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pertumbuhan laba bersih pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Tahun 2013-2017?, 3) Apakah jumlah kredit yang diberikan dan jumlah biaya operasional secara simultan (bersama-sama) berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pertumbuhan laba bersih pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Tahun 2013-2017? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui signifikan tidaknya pengaruh jumlah kredit yang diberikan terhadap tingkat pertumbuhan laba bersih pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. 2) Untuk mengetahui signifikan tidaknya pengaruh jumlah biaya operasional terhadap tingkat pertumbuhan laba bersih pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. 3) Untuk mengetahui signifikan tidaknya pengaruh jumlah kredit yang diberikan dan jumlah biaya operasional terhadap tingkat pertumbuhan laba bersih pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas. Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT Bank Mandiri. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 20 sampel. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi liniear berganda. Dalam analisis regresi linear, ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu: Koefisien Determinasi (R2), Uji t, dan Uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel jumlah kredit yang diberikan berpengaruh signifikan terhadap laba bersih, dan variabel jumlah biaya operasional berpengaruh signifikan terhadap laba bersih. Dan ketika diuji secara simultan variabel jumlah kredit yang diberikan dan jumlah biaya operasional ini berpengaruh signifikan terhadap laba bersih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:21
Last Modified: 20 Sep 2022 01:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13232

Actions (login required)

View Item View Item