Analisis Penerapan Pembiayaan Murabahah Pada Produk Modal Usaha Barokah di Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jember Kota.

FITRIYAH, ANIS (2019) Analisis Penerapan Pembiayaan Murabahah Pada Produk Modal Usaha Barokah di Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jember Kota. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANIS FITRIYAH_E20151060.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) merupakan pengembangan dari konsep ekonomi dalam Islam di bidang keuangan. Istilah BMT merupakan penggabungan dari baitul maal dan baitul tamwil. Baitul maal ialah lembaga keuangan yang kegiatannya mengelola dana yang bersifat nirbala (social) sedangkan baitul tamwil ialah lembaga keungan yang kegiatannya adalah menghimpun dan menyalurkan dana masyarajat dan bersifat Profit motive. BMT yang telah berkembang saat ini adalah BMT Sidogiri yang mulai berdiri pada tahun 1421H atau 2000M dan telah memiliki 277 Unit kantor cabang. Dari 277 kantor cabang yang ada di sepuluh provinsi jawa timur di Kabupaten Jember salah satunya di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jember Kota. BMT ini menawarkan produk-produk yang ada di BMT UGT Sidogiri terutama dalam produk pembiayaan modal usaha barokah (MUB) agar semakin diminati oleh nasabah atau calon nasabah dalam menggunakan akad murabahah. Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini ialah : 1) Bagaimana penerapan akad murabahah pada produk modal usaha barokah di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jember Kota. 2) Apa latar belakang BMT UGT Sidogiri menerapkan akad murabahah pada produk modal usaha barokah (MUB). Tujuan penelitian dalam skripsi ini : 1) Untuk mengetahui penerapan akad murabahah pada produk modal usaha barokah (MUB) di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jember Kota. 2) Untuk mengetahui latar belakang BMT UGT Sidogiri menerapkan akad murabahah pada produk modal usaha barokah (MUB). Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian ini : 1) Penerapan pembiayan murabahah pada produk modal usaha barokah di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jember Kota. BMT sebagai penjual dan nasabah sebagai pembeli. Pihak BMT memberikan hak kuasa kepada nasabah untuk membeli barang-barang yang diinginkan oleh nasabah sendiri sesuai kriteria nasabah dengan berbasis wakalah. Ada 2 jenis akad wakalah yang digunakan produk modal usaha barokah di BMT Sidogiri yakni Al- Wakalah Al-Ammah dan Al-Wakalah Al-Khossoh. 2) latar belakang BMT Sidogiri menerapkan akad murabahah pada produk modal usaha barokah di BMT Sidogiri Cabang Pembantu Jember Kota. Menggunakan akad murabahah pada produk modal usaha barokah lebih mudah akadnya, pengertian juga lebih mudah dan diterimanya oleh nasabah juga lebih mudah di akad murabahah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 20 Sep 2022 03:30
Last Modified: 20 Sep 2022 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13237

Actions (login required)

View Item View Item